a13 Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Sopan & Alasan yang Tepat

Inget nggak kata-kata ini, “Bosan jadi Pegawai”. Kalau udah bosan terus solusinya kamu bakalan resign. Mengundurkan diri karena berbagai alasan. Bosan hanya pemanis aja. Di sini kamu bakalan nemuin banyak contoh surat pengunduran diri dengan berbagai keperluan dan juga alasan.

Beberapa alasan mengundurkan diri adalah karena akan menikah, dilarang kerja oleh suami, sakit, tahu akan ada PHK, dapat pekerjaan lain, pindah ke luar kota, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi surat pengunduran diri ini sebenarnya bukan hanya untuk karyawan yang pengen berhenti kerja aja, tapi juga untuk kamu yang mau keluar dari organisasi yang kamu ikuti.

Pada praktiknya, saat mau mengajukan pengunduran diri, kamu kesulitan bikin suratnya. Maksudnya sih paham apa aja isi dari surat pengunduran diri, tapi mau memulai nulis masih ragu. Takut salah dan takut yang lainnya, soalnya serba nggak enak sama atasan karena mau berhenti kerja.

Tapi di sini banyak contoh surat pengunduran diri yang bakalan bantu kamu bikin surat yang berkualitas. Nggak panjang lebar tapi isinya mengena sesuai dengan tujuan. Yuk simak.

Apa sih Surat Pengunduran Diri?

Buat mulai memahami tentang penulisan surat pengunduran diri, kamu perlu paham dulu apa sih surat pengunduran diri itu. Apa surat ini sama kayak surat pernyataan atau surat lamaran kerja formatnya. Apa beda lagi. Itu yang harus kamu pahami.

Kamu bisa memahami surat pengunduran diri dari paparan contoh-contoh surat pengunduran diri. Di mana surat pengunduran diri ini adalah surat yang sengaja dibuat oleh seseorang, secara individu yang sedang terikat pekerjaan atau organisasi tertentu, untuk mewakili keinginannya keluar atau berhenti dari jabatan atau pekerjaan yang sedang diampunya. Surat ini di buat sederhana dan akan mewakili maksud kamu untuk mengundurkan diri.

Inti dari surat pengunduran diri ini adalah menuliskan alasan kamu di dalam badan surat. Namun kamu harus paham juga mana alasan yang pantas ditulis dan mana yang tidak pantas ditulis. Seperti misalnya mengundurkan diri karena lingkungan kerja yang tidak nyaman. Jangan sampai menunjuk teman kerja atau hal yang membuat tidak nyaman. Ini akan merugikan image kamu sendiri.

Format Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat pengunduran diri bisa dikatakan sebagai cermin kepribadian kamu. Usahakan menulisnya dengan baik dan benar. Penggunaan kata atau pemilihan kata atau diksi harus kamu perhatikan. Sisi kesopanan harus kamu junjung tinggi.

Untuk itulah ada format yang mengikat pembuatan surat pengunduran diri ini. Tidak rumit atau simpel, tujuannya adalah untuk membuat surat sederhana ini tersampaikan maksudnya. Berikut adalah urutan format contoh surat pengunduran diri:

Waktu

Penulisannya bisa di pojok kanan atas atau pojok kiri atas. Waktu ini terdiri dari tempat, tanggal, bulan, dan tahun.

Tujuan surat

Kepada siapa surat ditujukan, apakah kepada pemimpin, ketua, kepala sekolah, atau direktur utama. Penulisannya bisa di bawah waktu. Namun kebanyakan penulisan ada di sebelah kiri.

Isi surat

Inilah format utama dari surat pengunduran diri. Kamu bisa menggunakan bentuk listing pada penyebutan identitas kamu. Namun juga bisa langsung masuk ke paragraf. Dibuat sesuai dengan kebutuhan saja. Isi surat pengunduran diri ada 3, yaitu:

  • Pembuka. Selalu awali dengan frase “ Dengan hormat” pada umumnya. Namun tidak juga tidak masalah. Isi dari paragraf pembuka ini adalah identitas kamu yang akan mengundurkan diri.
  • Isi. Berisi alasan pengunduran diri.
  • Penutup berisi ucapan permintaan maaf, doa, dan terimakasih.
  • Tanda tangan dan nama terang yang bermaterai.

Semua format tersebut harus lengkap dan termaktub dalam surat pengunduran diri. Nggak perlu panjang-panjang, penting efektif.

Tujuan Surat Pengunduran Diri

Dalam proses penulisan surat pengunduran diri, kamu harus selalu ingat akan tujuan kamu membuatnya. Ini akan membimbing kamu untuk menghasilkan surat pengunduran diri yang efektif. Apalagi kalau kamu sudah menguasai berbagai jenis contoh surat pengunduran diri.

Perlu kamu ketahui, kalau tujuan pembuatan surat pengunduran diri itu bukan hanya untuk berhenti kerja saja. Banyak tujuan yang lainnya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Menunjukkan sikap keprofesionalan kamu dalam bekerja. Ini dikarenakan dalam prosedur dunia kerja, kalau mau mengundurkan diri harus menggunakan surat pengunduran diri. Kamu tidak boleh asal keluar dari pekerjaan begitu saja.
  2. Sebagai warning untuk perusahaan agar segera mencari pengganti kamu di posisi jabatan yang kamu tinggalkan. Kalau kamu keluar begitu saja, perusahaan akan kebingungan dan kalangan kabut karena harus mencari karyawan baru secara mendadak.
  3. Menunjukkan kalau kamu bertanggung jawab atas pekerjaan kamu. Kamu mengajukan surat pengunduran diri ini membuat kamu harus siap mengajari karyawan baru pengganti. Jangan sampai membuat perusahaan rugi.
  4. Penentuan statusmu dalam bekerja. Apakah masih menjadi karyawan atau sudah tidak. Dengan diterimanya surat pengunduran dirimu, maka kamu sudah sah keluar dari perusahaan tempat kamu bekerja.

Masih banyak tujuan lain dari surat pengunduran diri ini. Sebagai intinya adalah bahwa surat pengunduran diri ini adalah sebagai alat bagimu mengungkapkan keinginan untuk keluar dari pekerjaan. Sebuah tanda resmi dari ketentuan atau peraturan di dunia kerja yang wajib kamu taati.

Surat Pengunduran Diri dari pekerjaan

Pekerjaan apa saja harus menggunakan surat pengunduran diri saat kamu akan keluar. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri yang bisa kamu pelajari. Sertakan alasanmu mengapa harus resign.

Di mana keputusan untuk bekerja adalah keputusan yang penting. Susahnya mencari kerja akan sangat membebani. Maka dari itulah saat kamu sudah memiliki keputusan untuk resign, berarti kamu telah menentukan keputusan penting di hidupmu.

Contoh:

Surabaya, 15 November 2018

Kepada

Yth. Pimpinan PT Indo Sejahtera
Surabaya

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Irfan Helmy
Alamat: Jl. Pahlawan, No. 3, Surabaya
Jabatan: HRD

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan serta jabatan yang sedang saya pegang yang terhitung sejak tanggal 20 Februari 2018.

Ucapan terima kasih saya haturkan kepada perusahaan yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar serta bekerja dengan professional. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan lantaran telah membimbing saya dan memberikan saya pekerjaan yang terbaik.

Saya juga memohon maaf atas keputuan pengunduran diri ini. Mulai hari ini saya tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Bapak. Saya hanya mampu berharap serta berdoa agar perusahan yang Bapak pimpin menjadi semakin berkembang dan maju.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya

Irfan Helmy

Surat Pengunduran Diri Perusahaan

Bekerja di perusahaan bukan hal yang mudah. Dibutuhkan ketelatenan, karena dunia administrasi yang rumit akan menjadi makanan sehari-hari. Berangkat pagi pulang sore dengan aktivitas di dalam ruangan terkadang menjadi alasan bagimu untuk resign.

Contoh surat pengunduran diri ini yang paling banyak dicari. Kamu nggak perlu takut mengawali penulisan surat pengunduran diri. Contoh ini simple dan sesuai dengan tujuanmu.

Contoh:

Bogor, 20 November 2018

Yth. Angga Budi Prasetya, M.E
Direktur PT. Angkasa Jaya
Bogor

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Adi Roma bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Angkasa Jaya sebagai Operator Komputer, terhitung sejak tanggal 20 November 2018

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Angkasa Jaya. Saya juga memohon maaf kepada pemimpin, seluruh karyawan dan manajemen PT. Angkasa Jaya apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Angkasa Jaya dapat terus berkembang, sukses, dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,
Materai
Adi Roma

Surat Pengunduran Diri Karyawan

Ini ni yang jadi trend. “Bosan jadi karyawan” udah banyak yang mengalami. Kebanyakan banting setir jadi pengusaha.

Kalau gitu alasan kamu bisa berupa bosan dengan pekerjaan atau ingin mencari pekerjaan di bidang lain. Bisa juga dengan menyatakan ingin mengembangkan bakat di bidang pekerjaan lainnya. Simple dan dijamin kena banget tujuan suratnya.

Berikut ada 2 contoh contoh surat pengunduran diri sebagai karyawan. Kamu bisa pilih sesuai dengan pekerjaanmu.

  • Pabrik

Jakarta, 30 November 2018

Kepada Yth:
Bapak Hadi Suwaji
Direktur PT MAJU ABADI
Jl. Trenggono Jakarta Utara

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan, saya, Agus Irawan, dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di Pabrik yang Bapak pimpin efektif tertanggal 1 Desember 2018. Di mana alasan saya adalah bahwa saya telah diterima bekerja di pabrik lain, sehingga saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya di Pabrik yang Bapak pimpin.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di Pabrik yang Bapak pimpin. Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat. Semoga PT. MAJU ABADI selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Agus Irawan

  • Kontrak

Bekasi, 15 Desember 2018

Yth. Anggara, M.H
Direktur PT. Terbang Tinggi
Bekasi

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Romero bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Terbang Tinggi sebagai Kepala Keuangan, terhitung sejak tanggal 21 Desember 2018.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Terbang Tinggi. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Terbang Tinggi apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Terbang Tinggi dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

Romero

Surat Pengunduran Diri organisasi

Kegiatan berorganisasi selalu identik dengan anak muda. Lingkungan sekolah atau lingkungan belajar menjadi tempat yang paling strategis untuk berorganisasi. Kamu pun bebas memilih organisasi mana yang akan kamu ikuti, seperti OSIS, pramuka, bela diri, olahraga, atau yang lainnya.

Tapi saat kamu udah jenuh berorganisasi dengan jabatan yang kamu ampuh, kamu bisa loo pakai contoh surat pengunduran diri ini. Kamu bisa bikin suratnya dengan tujuan surat ke ketua organisasi.

Contoh:

Kepada

Yth. Ketua Himpunan Siswa Penulis
SMA N 3 Malang
di Tempat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Rara Wijayanti
Jabatan: Sekretaris I

mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Himpunan Siswa Penulis SMA N 3 Malang, karena permintaan orangtua. Berkenaan dengan kegiatan Himpunan Siswa Penulis SMA N 3 Malang yang padat. Selain itu saya pun ingin fokus mempersiapkan UAN.

Selama setahun memegang tanggung jawab di organisasi Himpunan Siswa Penulis sebagai sekretaris I, saya saya mendapatkan banyak pengalaman. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina Himpunan Siswa Penulis SMA N 3 dan Malang. Mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku saya yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi.

Besar harapan saya bahwa anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rara Wijayanti

Surat Pengunduran Diri Guru

Padahal banyak orang yang pengen jadi guru. Tapi banyak juga yang mengundurkan diri karena tidak telaten, kurang sejahtera, tidak segera naik pangkat, atau yang lainnya. Kebanyakan yang mengundurkan diri adalah guru-guru yang statusnya masih swasta.

Kalau kamu mau bikin surat pengunduran diri dari jabatan guru, kamu bisa pakai contoh surat pengunduran diri di bawah ini yang baik dan benar. Tujuan surat pengunduran dirimu itu ke kepala sekolah. Pakai bahasa yang resmi dan diksi yang pas untuk mencerminkan pekerjaanmu yang memang pekerjaan dinas atau resmi.

Contoh:

Lamongan, 20 Juni 2018

Kepada Yth.
Kepala SMK N Perwira 4
Lamongan
Di tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini atas nama Siti Handayani. Bermaksud mengajukan surat permohonan diri dari SMK N Perwira 4 Lamongan dengan alasan bahwa saya membutuhkan istirahat yang cukup lama. Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak SMK N Perwira 4 Lamongan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengajar dan mencari pengalaman di sini selama kurang lebih 5 tahun. Tak lupa saya ucapkan permohonan maaf apabila selama bekerja di sini saya melakukan banyak kesalahan, baik yang saya sengaja atau tidak sengaja.

Harapan saya ke depan, semoga SMK N 4 Pertiwi akan semakin maju dan banyak diminati.

Hormat Saya,
Materai
Siti Handayani

Surat Pengunduran Diri Resmi

Semua surat pengunduran diri itu sifatnya resmi. Tetapi pada praktiknya, sifat resminya memiliki tingkatan. Kalau kamu hanya bekerja di toko atau perusahan kecil saja, kamu tidak perlu membuat surat yang terlalu resmi.

Contoh surat pengunduran diri resmi ini bisa kamu lihat dari formatnya. Jelas nama, jabatan, tahun bekerja, dan lain-lain bisa kamu sertakan. Salah satu contohnya adalah surat pengunduran diri dari guru atau perusahaan besar. Sifatnya harus benar-benar resmi. Penggunaan materai menjadi simbolnya.

Contoh:

Makassar, 18 Desember 2018

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11
Makassar

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Sejahtera, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Dimas Andrean
Departemen: Pemasaran dan Informasi
Jabatan: Sales
No. Karyawan: B234 8907

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sejahtera karena urusan ingin fokus membangun bisnis sendiri. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran. Atas dukungan dan bantuan yang Bapak berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
materai
Dimas Andrean

Surat Pengunduran Diri Kuliah

Surat pengunduran diri bukan hanya untuk yang bekerja dan untuk organisasi saja, melainkan juga bisa dipakai untuk mengundurkan diri dari kuliah. Sama seperti proses belajar di sekolah, kamu harus menempuh 4 tahun kuliah.

Namun di tengah perjalanan, kamu bisa saja berubah pikiran dan mengajukan surat pengunduran diri. Alasannya bisa berupa: ingin pindah universitas, pindah tempat ke luar kota, pindah jurusan, atau yang lainnya. Sertakan lampiran-lampiran bebas administrasi juga untuk menyatakan surat pengunduran diri kamu.

Contoh:

Jakarta, 10 Desember 2018

Hal: Permohonan Pengunduran Diri

Kepada
Yth. Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama: George Hana
N I M: 2017040608
Program Studi: Ekonomi
Jurusan: Manajemen
Alamat: Jl. Kemang Pradana 7 Rt 06/03 No 112, 11345. Jakarta Selatan
Mulai bulan: September Tahun 2017

Dengan hormat saya mengajukan permohonan pengunduran diri dari status mahasiswa:

Program Studi: Ekonomi
Jurusan: Manajemen
Dengan alasan: akan pindah ke sekolah lain karena mengikuti orangtua pindah ke luar kota

Sehubungan dengan hal ini, saya memohon untuk dapat diberikan surat keterangan beserta capaian hasil studi saya.

Bersama ini saya lampirkan:

Foto copy transkrip nilai
Surat Keterangan bebas pinjaman buku dari Perpustakaan Fakultas dan Universitas
Surat Keterangan bebas Administrasi Fakultas

Atas perhatian dan perkenan Bapak Ketua STIE Jaksel, saya ucapkan banyak terima kasih.

Pemohon,

Materai

(George Hana)
NIM.: 2017040608

Surat Pengunduran Diri dari sekolah

Contoh surat pengunduran diri dari sekolah ini pun juga sama dengan contoh surat pengunduran diri. Perbedaannya adalah tujuan surat. Di surat pengunduran diri dari sekolah ini pun kamu juga diharuskan mencantumkan alasan mengapa mengundurkan diri.

Jenis surat pengunduran diri bisa berupa surat pengunduran diri dari guru atau pekerjaan yang lainnya di sekolah. Kamu harus membuat surat pengunduran diri sesuai dengan prosedur. Seperti contoh berikut yang mengundurkan diri dari posisi staff perpustakaan.

Contoh:

Kepada
Yth.
Bapak Kepala SMP Bina Bangsa Jakarta Timur
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Dengan datangnya surat ini, saya:

Nama: Endah Sari
Jabatan: Staff Perpustakaan

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Staff Perpustakaan.

Terhitung tanggal 13 Desember 2017 pengunduran ini saya ajukan.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk bekerja di SMP Bina Bangsa.

Saya sampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh staf pengajar serta pengurus SMP Bina Bangsa apabila selama bekerja saya melakukan banyak kesalahan.

Hormat saya,

Endah Sari

Surat Pengunduran Diri bahasa inggris

Hanya beda bahasa saja sebenarnya jika kita melihat dari contoh surat pengunduran diri. Isinya pun lebih simple dengan menggunakan diksi yang mudah dipahami. To the point harus jadi prinsip kamu dalam menyusun surat pengunduran diri berbahasa Inggris ini.

Secara format pun juga sama. Diawali dengan waktu, alamat surat, pembuka, isi, penutup, dan tanda tangan. Nggak perlu dua lembar juga. Cukup satu lembar dan utarakan maksud pengunduran dirimu.

Contoh:

Jakarta, November 25rd, 2018

For:
Mr. Septian Cahya
Managing Director
Muda Management
Jl. Z.A Pagaralam
Jakarta

Dear Sir,

Through this letter, I inform you that I want to resign from your company starting from November 30th, 2018

I feel that now is the right time for me to develop my career in other field. I would be grateful if you confirm the acceptance of my resignation. If there is something I have to finish before I go, please let me know.

I also express my gratitude to the company Muda Management for the support and the opportunity that have been given while I work here. I wish you and the entire team of Muda Management are always success and the best for consumers.

Thank you for your attention and wisdom.

Best Regards

Ahmad Tarhady

Artinya:

Jakarta, 25 November 2018

Kepada:
Mr. Septian Cahya
Direktur Manajemen
Muda Management
Jl. Z.A Pagaralam
Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya sampaikan bahwa saya mengajukan pengunduran diri dari perusahaan bapak terhitung mulai dari tanggal 30 November 2018.

Saya merasa bahwa sudah saatnya saya untuk mengembangkan karir saya di bidang lain. Saya akan sangat berterima kasih jika Bapak bisa mengkonfirmasi surat pengunduran diri saya ini. Jika ada sesuatu yang harus saya selesaikan sebelum saya pergi, tolong diinformasikan.

Saya juga menyampaikan rasa terima kasih saya kepada perusahaan Muda Management atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama bekerja di sini. Saya berharap bapak dan seluruh team Muda Management selalu sukses dan terus menjadi yang terbaik bagi konsumen.

Terima kasih atas perhatian dan kebijaksanaannya.

Hormat Saya
Materai
Ahmad Tarhady

Surat Pengunduran Diri direktur PT

Untuk memperoleh jabatan sebagai direktur bukan hal yang mudah. Apalagi di PT ada sistem kontrak yang harus kamu lalui. Seleksinya pun ketat.

Saat sudah menjabat posisi tersebut dan karena alasan tertentu kamu harus mengundurkan diri, maka contoh surat pengunduran diri ini bisa kamu pakai. Tuliskan jabatan dengan jelas di dalam surat dan langsung tujuan kepada pimpinan PT atau direktur utama.

Contoh:

Jakarta, 18 Desember 2018

Kepada Yth:
Bapak Rudi Hendrayana
Direktur Utama
PT Diana Sentosa
Jl. Kawal 34 Jakarta
Di
Tempat

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya:

Nama: Bagus Wijayanto
Jabatan: Direktur PT

menyampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Bapa pimpin secara efektif tertanggal 20 Desember 2018, dikarenakan saya akan pindah ke luar kota.

Banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang saya dapatkan selama bekerja di perusahaan Bapak. Ucapan terima kasih tak ada hentinya terucap atas kesempatan yang banyak berikan kepada saya.

Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat. Harapan dan do’a semoga juga PT. Diana Sentosa selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Agus Wijayanto

Berbagai contoh surat pengunduran diri tersebut bisa jadi referensi bagus buatmu. Nggak perlu ragu lagi kalau mau ngundurin diri dari tempat kamu kerja. Udah ada aturan bikin surat pengunduran diri.

Formatnya simple dan kamu bisa pilih surat pengunduran diri sebagai guru, karyawan, direktur PT, atau yang lainnya. Bedanya cuma pada bagian ini, yakni berdasarkan pada alasan kamu mengundurkan diri.

Namun untuk contoh surat pengunduran diri resmi, ada tambahan materai di bagian tanda tangan. Kamu bisa menggunakan contoh ini kalau kamu mengundurkan diri dari kontrak kerja. Selain itu juga bisa untuk mengundurkan diri dari pegawai atau guru.

12 Contoh Kata Pengantar Berbagai Bidang Kepenulisan [Terbaru 2018]

contoh kata pengantar makalah

Kalau sudah ketemu tugas, maka yang bikin pusing pertama kali pasti bikin kata pengantar. Iya nggak? Iya donk. Pasti kan. Soalnya kata pengantar ini menjadi point of interest dari isi tugas yang kamu buat. Jadi si pembaca bakalan merasakan kesan yang bikin penasaran. Makanya kamu perlu banget mencari referensi contoh kata pengantar buat mendukung tugasmu.

Tapi selama ini yang udah ngakar kuat di otak kamu pasti ada kata pengantar ada makalah. Iya banget, soalnya pas di sekolah guru kamu ngajarin kamu bikin kata pengantar pas ngasih tugas bikin makalah. Kalo nggak salah pas jenjang SMP ya.

Padahal kebutuhan buat kata pengantar bukan hanya untuk makalah aja, tapi juga untuk bentuk tugas kepenulisan yang lainnya, seperti bikin skripsi, laporan, karya ilmiah, makalah, proposal, dan yang paling tinggi levelnya kata pengantar buku.

Nggak kebayang susahnya bikin kata pengantar pas tugas udah mendarat. Langsung harus dikumpulin besok. Makanya contoh-contoh kata pengantar ini sangatlah direkomendasikan untukmu agar lancar bikin kata pengantar.

Struktur penulisan kata pengantar

sebelum kamu membuat kata pengantar, kamu harus paham dulu gimana struktur penilaian kata pengantar yang benar. Dengan membaca banyak contoh kata pengantar, sama saja kita belajar tentang struktur kata pengantar.

Namun setelah mengetahui struktur kata pengantar dari contoh kata pengantar, kita harus langsung mempraktikkannya, sehingga kita akan benar-benar paham. Berikut adalah struktur kata pengantar yang wajib ada:

1. Bagian pembuka

Struktur ini berada di bagian awal kata pengantar. Kamu bisa langsung memulai dengan mengucapkan:

  • Rasa syukur. Sebuah ungkapan terima kasih karena makalah yang kamu buat sudah bisa selesai tepat waktu.Kata pengantar di Indonesia menggunakan ucapan syukur ini ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    Hal ini mengacu kepada kemajemukan agama di Indonesia.Namun untuk buku agama, ucapan syukur akan disampaikan dengan versi agama masing-masing, misalnya contoh kata pengantar untuk buku agama Islam, maka ucapkan syukur ditujukan kepada Allah SWT. Ucapan rasa syukur ini harus cukup di paragraf pertama kata pengantar. Tidak perlu lebih.
  • Terima kasih. Ucapan ini terletak di paragraf kedua. Ucapan ini ditujukan kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah atau karya tulis yang kamu buat. Kalaupun tidak membantu secara langsung, para pendukung pun juga masuk dalam list ucapan terima kasih ini.

    Beda jenis karya tulis, maka akan beda list orang yang dituju. Misalnya adalah contoh kata pengantar yang ada di dalam skripsi, maka ucapan terima kasih ditujukan kepada dosen pembimbing, ketua universitas, wakil ketua, teman, keluarga, dan lain-lain.Untuk tata cara menyebutkannya, kamu harus mengirimkannya berdasarkan pangkat. Jadi tertulis ketua universitas, wakil ketua universitas, dosen pembimbing, keluarga, dan teman-teman. Penyebarannya bisa listing dengan nomer atau langsung masing paragraf. Namun kebanyakan masuk listing jika disebutkan nama dan pangkatnya.

2. Isi

Kata pengantar adalah gambaran singkat dari isi karya tulis kamu. Inilah esensi dari bagian isi dari kata pengantarnya kamu buat. Di bagian isi ini, kamu harus bercerita tentang apa isi karya tulis kamu. Kamu bisa menyebutkan:

  • Judul karya tulis. Ini penting, karena dari judul lah karena tulis kamu memiliki identitas. Setidaknya dari judul, para pembaca memiliki gambaran tentang isi karya tulis kita.
  • Komponen isi, misalnya pada skripsi, maka utarakan tujuan penelitian yang dilakukan, metode yang digunakan, serta objek yang dipakai. Kalau makalah, maka tuliskan isi pembahasan yang akan kita angkat.

3. Penutup

Penulisannya berada di paragraf terakhir kata pengantar. Cukup satu paragraf saja. Isinya adalah:

  • Permohonan maaf. Ini adalah unsur kesopanan yang harus disertakan sebagai identitas bangsa Indonesia yang rendah hati. Permohonan maaf ini adalah untuk penyusunan yang belum sempurna.
  • Saran. Terkait dengan belum sempurnanya karya tulis yang kamu buat, maka kamu minta saran, masukan, atau pendapat kepada pembaca. Tujuannya adalah untuk menyempurnakan karya tulis yang selanjutnya dibuat.

Ketiga struktur dalam kata pengantar tersebut harus ada. Jangan sampai ada yang ketinggalan. Syarat mutlak kata pengantar yang baik harus ada pembuka, isi dan penutup.

Penulisan kata pengantar pun juga harus sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan. Tanda baca pun juga harus diperhatikan. Kamu harus benar-benar memperhatikan penulisan kata pengantar yang benar.

Di akhir penulisan kata pengantar, di sebelah bawah pojok kanan sertakan nama kota dibuatnya karya tulisnya dan tanggal pengusunannya. Bawahnya tempat tanggal, tulis “penyusun”. Tidak perlu nama orang atau nama kamu dicantumkan.

Tujuannya adalah kebanyakan karya tulis dibuat oleh kelompok. Jadi dengan menggunakan kata “penyusun” sudah mewakili semua penyusun makan atau karya tulis. Kalau seperti skripsi yang dibuat satu orang, maka kata ”penyusun” sudah jelas mengarah kepada si pemilik skripsi.

Kata pengantar Makalah

Makalah adalah bentuk karya tulis yang sifatnya objektif. Makalah sangat cakupannya. Hampir semua bidang ilmu bisa dibuat makalah. Beberapa diantaranya adalah makalah agama, sastra, sains, PKN, Geofisika, dan masih banyak lagi yang lainnya menyukai. Setiap disiplin ilmu tersebut nanti bisa dipecah menjadi banyak materi pembahasan, sehingga makalah yang dihasilkan pun beraneka ragam.

Kata pengantar dalam makalah pun strukturnya sama dengan contoh kata pengantar lainnya. Bedanya adalah pada isi kata pengantar. Beda judul beda isi kata pengantar. Namun untuk makalah agama, ada ciri khas di bagian pembuka kata pengantar dengan langsung menyebut ucapan syukur kepada Allah SWT, untuk makalah agama Islam.

● Makalah agama

Kata Pengantar

Puji syukur tak henti penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat anugerah-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah yang berjudul “Keutamaan Sedekah di Era Milenium” ini.

Beragam nilai yang terdapat dalam Islam begitu universal serta mewakili banyak permasalahan kehidupan. Islam memerintahkan untuk rajin bersedekah. Tujuannya adalah untuk meringankan beban hidup yang berat, baik beban hidup sendiri maupun orang lain.

Seiring berkembangnya zaman, beragam nilai ajaran islam yang universal dan indah sudah mulai ditolak dengan beragam alasan. Salah satunya yaitu faktor psikologis. Dimana manusia di zaman globalisasi ini sudah semakin sulit untuk menerima materi yang sulit ditangkap oleh logika.

Bagaimana bisa dengan bersedekah rejeki kita menjadi berlipat. Apakah benar kalau harta yang kita sedekahkan itu memang hak orang lain. Lalu bagaimana implementasinya. Inilah yang wajib dikaji sehingga sedekah bisa menjadi kebiasaan.

Oleh karena itu, makalah ini kami sampaikan untuk menjawab problematika tersebut. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Zaenul Arifin, M.Si yang berperan sebagai guru Pendidikan Agama Islam.

Kami menyadari bahwa makalah ini belum sempurna, layaknya pepatah “Tak ada gading yang tak retak“, oleh karenanya kami mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini.

Kami harap semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Khususnya semoga bisa menambah wawasan mengenai prinsip dakwah dalam islam.

Kepada seluruh pembaca yang bersedia memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun dalam rangka penyempurnaan makalah ini selanjutnya, kami buka tangan selebar-lebarnya untuk apresiasi tersebut dengan hati yang terbuka dan ucapan terima kasih.

Ponorogo, 10 November 2018

Penyusun

● Makalah PKN

Kata Pengantar

Alhamdulillah, senantiasa kita ucapkan puji syukur kehadirat Tuhan YME yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan yang luar biasa ini yaitu untuk menyelesaikan tugas penulisan makalah tentang “Hak dan Kewajiban Negara untuk Rakyat”.

Adapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Makalah ini membahas mengenai pengertian hak, pengertian kewajiban, pengertian negara, serta hak dan kewajiban negara untuk rakyat.

Kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah ini. Penulis juga berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi setiap pembaca.

Tak lupa dengan seluruh kerendahan hati, kami meminta kesediaan pembaca untuk memberikan kritik serta saran yang membangun mengenai penulisan makalah kami ini. Kami akan merevisi kembali pembuatan makalah ini di waktu berikutnya.

Kediri, 17 November 2018

Penyusun

Kata pengantar Proposal

Contoh kata pengantar dalam proposal akan berisi tentang isi proposal. Di mana isinya adalah berkaitan dengan pengajuan sebuah ide kreatif yang bisa berupa kegiatan. Kebanyakan proposal ini akan mengarah kepada kegiatan ilmiah, seperti penelitian atau praktikum.

Arahkan isi kata pengantarnya ke kegiatan yang akan dilakukan. Kamu bisa mencantumkan objek penelitian, metode, latar belakang, dan rencana tindakan secara ringkas. Yang penting jelas dan tidak panjang lebar.

● Praktikum

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saat ini masih memberikan iman dan kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan untuk menyelesaikan proposal percobaan dengan judul “Pemanfaatan Sari Buah mengkudu untuk Bahan Pangan (Es Krim)” ini tepat waktu.

Adapun tujuan penyusunan proposal percobaan ini adalah untuk menemukan kandungan baik pada sari buah mengkudu yang bisa diolah menjadi bahan pangan.

Banyak sekali hambatan yang telah penulis rasakan saat proses praktikum. Oleh sebab itu, kami berterimakasih kepada beberapa pihak terutama bapak pengajar mata pelajaran Biologi kami yang telah membantu membina dan mendukung kami dalam mengatasi beberapa hambatan yang kami hadapi.

Kami sadar bahwa pada proposal percobaan kami ini jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami benar-benar menanti kritik dan saran untuk kemudian dapat kami revisi dan kami tulis di masa yang selanjutnya. Sekali kali lagi kami menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa disertai saran yang konstruktif. Semoga proposal percobaan ini dapat memberikan manfaat.

Kediri, 18 November 2018

Penyusun

● Penelitian

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT, sang Pengatur Alam Semesta, yang telah melimpahkan kasih-Nya sehingga kami berhasil menyusun Proposal Penelitian ‘Analisis Tingginya Tingkat Kenakalan Remaja di Kecamatan Palung Kabupaten Jember’ dengan baik.

Proposal ini diajukan demi pembaharuan informasi mengenai daerah yang rawan kriminalitas yang dilakukan oleh para remaja di Kecamatan Palung Kabupaten Jember. Untuk itu, pencegahan bisa dilakukan lebih dini untuk menyelamatkan moral generasi bangsa.

Meskipun kami sangat berharap agar proposal ini tidak memiliki kekurangan. Tetapi kami menyadari bahwa pengetahuan kami sangatlah terbatas, sehingga kami tetap mengharapkan masukan serta kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk proposal ini.

Tuban, 29 November 2018

Penyusun

Kata pengantar laporan

Sematkan semua orang yang telah berkontribusi di dalam penyusunan laporan di dalam kata pengantarnya. Contoh kata pengantar laporan pelatikan pengurus OSIS, maka orang yang disebutkan adalah kepala sekolah, ketua OSIS lama, pengurus OSIS lama, pembina OSIS, serat semua pengurus OSIS yang baru.

Penyebutannya bisa dengan posting atau masuk ke dalam paragraf. Lebih baik dimasukkan ke dalam paragraf jika yang disebutkan hanya sedikit.

Kata Pengantar

Ucapan puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, karena kita masih diberikan nikmat kesehatan, kekuatan, dan kesempatan menyusun Laporan Pelantikan OSIS SMP Negeri 9 Madura Tahun ajaran 2018/ 2019 ini dengan baik tanpa ada suatu halangan apapun.

Tidak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah dan seluruh pihak terkait yang telah membantu kami dalam penyusunan laporan ini, khususnya kepada:

– Bapak H. Roni Awan, M.Pd selaku Kepala sekolah yang telah berkenan memberikan ijin atas terlaksananya kegiatan Pelantikan OSIS SMP Negeri 9 Madura
– Kakak Edi Triantri selaku Pembina OSIS yang telah memberikan bimbingan dalam pelaksanaan pelantikan OSIS SMP Negeri 9 Madura.
– Semua warga SMP Negeri 9 Madura, serta
– Pihak-pihak terkait yang ikut membantu dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban ini.

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami terbuka menerima kritik dan saran yang bersifat membangun, sehingga dapat memperbaiki kualitas dan melengkapi kekurangan pada laporan pertanggungjawaban ini.

Bandung, 20 November 2018

Penyusun

Kata pengantar Skripsi

Bisa dikatakan kalau contoh kata pengantar skripsi ini adalah kata pengantar yang paling tinggi levelnya. Ini dikarenakan skripsi adalah termasuk dalam jajaran bentuk karya tulis yang berkelas. Di mana skripsi ini adalah karya tulis yang menandingi syarat mutlak seseorang untuk menjadi seorang sarjana.

Untuk membuat kata pengantar skripsi, kamu wajib tahu ciri khasnya. Pada bagian pembuka kata pengantar, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat selalu berbentuk listing. Banyak orang yang disebutkan, sehingga kata pengantar skripsi kebnyakan memakan 2 halaman. Ini adalah wujud rasa syukur karena skripsi bisa terselesaikan.

Kata Pengantar

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya serta hidayah-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan judul “Pengaruh Kecanggihan Teknologi terhadap Perkembangan Alat Pembelajaran di SD Negeri 4 Jember”.

Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya hingga pada umatnya sampai akhir zaman.

Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Jurusan Bahasa dan Seni Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Jember. Dalam proses penyusunan skripsi ini, penulis mendapatkan banyak sekali bantuan, bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, rasa terima kasih penulis ucapkan kepada:

1. Bapak Roslan Mahmud, M.Pd selaku ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Jember yang memudahkan segala perijinan penelitian.

2. Bapak Dwi Sasongko, M.Pd selaku ketua Program Studi Bahasa Indonesia yang telah memberikan kemudahan bagi saya untuk menyusun skripsi.

3. Bapak Ahmad Saleh, M.Pd selaku Pembimbing I yang selalu memberi bimbingan, masukan dan waktunya untuk membimbing penulis.

4. Bapak Drs. Hendri Naryo, M.Si selaku pembimbing II yang juga memberikan banyak perhatian serta waktunya untuk membimbing penulis.

5. Keluarga besar SD Negeri 4 Jember yang telah membantu melengkapi data penelitian skripsi saya.

6. Keluarga, saudara, teman-teman, serta pihak-pihak lain yang tidak henti-hentinya menentukan support.

Penulis berharap skripsi yang telah disusun ini bisa memberikan sumbangsih untuk menambah pengetahuan para pembaca. Akhir kata, dalam rangka perbaikan selanjutnya, penulis akan terbuka terhadap saran dan masukan dari semua pihak karena penulis menyadari skripsi yang telah disusun ini memiliki banyak sekali kekurangan.

Semarang, 19 November 2018

Penyusun

Kata pengantar Karya ilmiah

Kata pengantar untuk karya ilmiah ini sifatnya sama dengan makalah atau skripsi. Dari segi judul yang diambil pun sama, karena skripsi adalah bentuk dari karya ilmiah. Perbedaanya adalah jika karya ilmiah ini lebih fokus kepada pada tema ilmiah atau yang berhubungan dengan alam.

Mahasiswa jurusan ilmu alam ini lah yang lebih sering menyusun bentuk karya ilmiah ini. Kamu bisa membuat kata pengantar yang singkat dan jelas.

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan rahmat-Nyalah kami akhirnya bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Peran Cacing Tanah dalam Mengendalikan Laju Erosi” ini dengan baik.

Tidak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan banyak bimbingan serta masukan yang bermanfaat dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Ucapan rasa terima kasih juga kami ucapkan kepada teman-teman mahasiswa yang telah memberikan kontribusinya sehingga karya ilmiah ini bisa selesai pada waktu yang telah ditentukan.

Meskipun kami sudah mengumpulkan banyak referensi untuk menunjang penyusunan karya ilmiah ini, namun karya ilmiah ini masih terdapat banyak kesalahan serta kekurangan. Kami mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca demi tersusunnya karya ilmiah lain yang lebih lagi. Akhir kata, kami berharap agar karya ilmiah ini bisa memberikan banyak manfaat demi terciptanya lingkungan yang aman dan bebas dari ancaman erosi.

Ngawi, 16 November 2018

Penyusun

Kata pengantar laporan PKL

Siswa yang sekolah di SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan lah yang akan merasakan kegiatan PKL atau Praktik Kerja Lapangan ini. Kegiatan ini dilakukan saat kelas 8. Biasanya berlangsung dalam hitungan bulan, yakni 3 bulan paling lama.

Tempat dari PKL ini adalah perusahaan-perusahaan. Berbeda jurusan maka akan beda tempatnya. Seperti SMK jurusan kendaraan bermotor, maka tempatnya adalah dealer atau bengkel. Dalam melaksanakan PKL ini, kamu harus membuat laporan. Berikut adalah contoh kata pengantar laporan PKL.

Kata Pengantar

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan nikmat, taufik serta hidayah-Nya yang sangat besar sehingga saya pada akhirnya bisa menyelesaikan laporan “Praktik Kerja Lapangan Teknik Kendaraan Roda Dua di Dealer Yamaha Nganjuk” tepat pada waktunya.

Rasa terima kasih juga kami ucapkan kepada Bapak Drs. Endra Guna sebagai Guru Pembimbing yang selalu memberikan dukungan serta bimbingannya sehingga Laporan PKL ini dapat disusun dengan baik.

Semoga Laporan PKL yang telah kami susun ini turut memperkaya khazanah ilmu serta bisa menambah pengetahuan dan pengalaman para pembaca.

Selayaknya kalimat yang menyatakan bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna. Kami juga menyadari bahwa Laporan PKL ini juga masih memiliki banyak kekurangan. Maka dari itu kami mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca sekalian demi penyusunan Laporan PKL dengan tema serupa yang lebih baik lagi.

Nganjuk, 25 November 2018

Penyusun

Kata pengantar singkat

Sesuai dengan anjuran sebelumnya, bahwa kata pengantar hendaknya dibuat singkat saja. Kamu harus tahu alasannya, yakni untuk memberikan gambaran yang tepat sasaran kepada pembaca sebelum membaca karya tulis kamu. Singkatnya kata pengantar tidak harus mengurangi hal-hal yang penting.

Berikut adalah salah satu contoh kata pengantar singkat yang bisa kamu pakai. Struktur kata pengantar masih tetap lengkap. Ada pembuka, isi, dan penutup.

Kata Pengantar

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah “Ilegal Logging” ini bisa selesai pada waktunya.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada teman-teman yang telah berkontribusi dengan memberikan ide-idenya sehingga makalah ini bisa disusun dengan baik dan rapi.

Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan para pembaca. Namun terlepas dari itu, kami memahami bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga kami sangat mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.

Kata pengantar buku

Inilah yang menjadi kelas tertinggi dari kata pengantar, yakni kata pengantar buku. Di dalam buku inilah cikal bakal penggunaan kata pengantar di jenis karya tulis yang lainnya. Strukturnya pun sama dengan struktur kata pengantar yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Namun untuk bentuk kata pengantar buku ini bisa dikatakan sebagai bentuk kata pengantar asli. Pemilihan kata untuk kata pengantar pun sangat baku karena memang untuk dipublikasikan. Buku dijadikan referensi, jadi penyusunan kata pengantar sangatlah diperhatikan dan melalui banyak editing dan perbaikan demi kesempurnaan.

KATA PENGANTAR

Kurikulum 2013 sebagai kurikulum terbaru di Indonesia kini sudah merata pengunaannya. Kurikulum ini dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut.

Pada jenjang SD/MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema yang disebut temarik. Pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Implementasi terbatas pada tahun ajaran 2013/2014 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014/2015 dan seterusnya. Buku ini merupakan edisi kedua sebagai penyempurna dari edisi pertama.

Buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan dimasa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.

Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Jakarta, 12 November 2018

Penulis

Kata pengantar tugas akhir

Tugas akhir bisa diartikan sebagai skripsi tetapi juga tetap sebagai Tugas Akhir atau disingkat TA. Bentuk karya tulis ini juga membutuhkan kata pengantar. Bentuk kata pengantarnya pun juga masih terdiri dari 3 bagian, yakni pembuka, isi, dan penutup.

Tujuan dari kepenulisan Tugas Akhir ini pun juga harus diikuti sertakan. Ini adalah demi memberikan penjelasan kepada para pembaca tentang bentuk Tugas Akhir ini. Gambaran yang jelas akan membantu pembaca memahaminya.

Contoh kata pengantar Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena Rahmat dan KaruniaNya-lah Penulis dapat menyelesaikan penulisan tugas akhir ini tepat pada waktunya dengan judul “ Pengaruh Pilihan KB terhadap Laju Kelahiran di Jombang oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jombang Tahun 2015 – 2018 “

Tugas akhir ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk menyelesaikan Program Diploma IV atau Strata 1 Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya Malang.

Selama mengikuti pendidikan Strata 1 Teknik Sipil sampai dengan proses penyelesaian Tugas Akhir, berbagai pihak telah membantu dan membimbing penulis. Rasa terima kasih saya haturkan kepada:

1. Bapak Drs. Suryadarminta selaku arektor Universitas Brawijaya Malang yang telah banyak memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pendidikan.

2. Bapak Drs. Paddery, SE selaku dosen pembimbing I yang telah banyak meluangkan waktu dan tenaga untuk membimbing penulis selama penyusunan tugas akhir ini.

3. Bapak H. Feri, SE selaku dosen pembimbing II yang telah banyak memberikan bimbingan sehingga Tugas Akhir ini dapat terselesaikan

4. Bapak / Ibu Dosen khususnya Jurusan Teknik Sipil di Universitas Brawijaya Malang yang telah membekali penulis dengan beberapa disiplin ilmu yang berguna

5. Teman –teman seperjuangan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil di Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2017, yang telah banyak berdiskusi dan bekerjasama dengan penulis selama masa pendidikan

Penulis menyadari, Tugas Akhir ini masih banyak kelemahan dan kekurangan nya. Karena itu kritik dan saran yang membangun akan diterima dengan senang ahti, mudah – mudahan keberadaan Tugas Akhir ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita, khususnya tentangPengaruh Pilihan KB terhadap Laju Kelahiran di Jombang oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jombang Tahun 2015 – 2018.

Malang, 30 November 2018

Penulis

Letakkan kata pengantar di bagian awal karya tulismu. Kata pengantar dibuat cukup satu halaman saja, namun ada juga yang lebih. Seperti pada contoh kata pengantar skripsi yang dibuat lebih dari satu halaman, karena banyaknya orang yang disebut di bagian pembuka sebgaia ucapan terima kasih atas dukungannya.

Baca juga referensi contoh surat lamaran kerja beserta tips jitu agar diterima

Halaman kata pengantar berada setelah halaman cover atau halaman judul. Kalau ada surat pengesahannya, maka setelah cover adalah halaman pengesahan, lalu di halaman berikutnya barulah kamu meletakkan kata pengantarmu. Contoh kata pengantar di atas bisa jadi referensi terbaikmu buat kata pengantar sesuai yang kamu butuhkan.

Sebuah kata pengantar yang baik dan benar adalah kata pengantar yang mewakuli isi karya tulismu. Pembuatan contoh kata pengantar yang sesuai dengan kebutuhan dan dibuat tidak berlebihan adalah kata pengantar yang akan mendukung karya tulismu. Kata pengantar bukan hiasan, tetapi prioritas yang harus bisa dibuat usai karya tulis selesai.

36 Contoh Surat Lamaran Kerja Kreatif Terbaru

contoh surat lamaran kerja kreatif

Setelah lulus sekolah, apa lagi yang akan kamu lakukan selain mencari kerja, karena kamu sekolah untuk dapat ijazah. Ijazah akan menjadi pegangannya untuk mencari kerja. Mendapatkan penghasilan sendiri menjadi tujuan utama dari bekerja. Untuk itulah sebagai langkah awal, kamu harus paha beberapa contoh surat lamaran kerja yang berbeda-beda fungsinya.

Surat lamaran kerja untuk bekerja di sekolah, di bank,  perkantoran umum, rumah sakit, atau yang lainnya berbeda-beda. Perbedaannya adalah pada isi dan tujuan dari surat lamaran (tergantung pada persyaratan dalam pengumuman lowongan kerja). Isi dari setiap surat akan berbeda pada posisi yang diajukan, misalnya lowongan kerja di bank secagai teller akan berbeda dengan lowongan kerja di rumah sakit sebagai staff farmasi.

Sebelum kamu mengetahui beberapa macam contoh surat lamaran kerja, kamu wajib paham dulu apa aja syarat-syarat melamar kerja.

Apa Saja Syarat Lamaran Kerja?

syarat dan dokumen lamaran kerja

Kamu bakalan kesulitan menulis surat lamaran kerja walaupun udah ada contoh surat lamaran kerja yang kamu jadikan referensi kalau kamu belum tahu apa saja syarat-syaratnya. Di mana syarat-syarat tersebut adalah kualifikasi yang dikehendaki oleh penyedia loker yang wajib dipenuhi oleh pelamar kerja. Ini menandakan kalau kamu pantas dipertimbangkan untuk diterima kerja.

Berikut adalah beberapa persyaratan kerja yang biasa kamu temukan:

  • Memiliki ijazah yang linear.
  • Pas foto sesuai dengan ukuran yang diperlukan. Biasanya adalah ukuran 3×4 cm, 6R, 4×6 cm.
  • Foto kopi KTP. Ini menjadi syarat wajib yang harus kamu sertakan.
  • Fotokopi KK atau Kartu Keluarga.
  • Fotokopi SKCK atau Surat Keterangan Berperilaku Baik dari kepolisian.
  • Fotokopi transkrip nilai. Ini dijadikan satu-satunya dengan fotokopi ijazah.
  • Fotokopi sertifikat keahlian. Tapi inget, nggak perlu kamu sertakan semua. Cukup yang diperlukan sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
  • CV atau Curriculum Vitae atau daftar Riwayat Hidup.
  • Surat lamaran kerja. Ini adalah syarat melamar kerja yang utama.

Apa itu resume untuk melamar kerja?

apa itu resume surat lamaran kerja

Mungkin bagi kamu resume lamaran kerja masih asing. Soalnya kamu memang belum pernah membuatnya. Biasanya cuma melengkapi persyaratan dan menulis CV saja. Tapi perlu kamu tahu kalau dengan disertakannya resume dalam surat lamaran kerja kamu,  kesempatanmu diterima kerja semakin besar.

Kalau kamu browsing, kamu bakalan menemui beberapa contoh surat lamaran kerja dengan menggunakan resume. Tapi apa sih resume itu sebenernya? Ya, resume adalah rangkuman dari kemampuan yang kamu miliki. Beda dengan CV yang cuma berisi data diri dan pengalaman kerja terbaru saja. Kalau resume berisi ulasan kemampuan yang kamu miliki.

Dalam menulis resume, kamu harus menggunakan kalimat yang efektif. Usahakan tertulis singkat dan jelas, dan berisi semua kemampuanmu yang mendukung kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Jangan panjang lebar dan cukup satu lembar saja.

Tips Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

tips membuat surat lamaran kerja

Tujuan utama menulis lamaran kerja adalah agar bisa diterima kerja. Surat lamaran kerja diibaratkan bahwa kamu sudah setengah jalan dalam mencari kerja. Kamu harus membuar surat lamaran kerja dengan sebaik-baiknya.

Berikut adalah tips-tipsnya:

  • Cari banyak contoh surat lamaran kerja. Semakin banyak kamu mendapatkan contoh, maka akan semakin banyak referensi yang kamu dapatkan. Hasil surat lamaran kerja kamu akan semakin maksimal.
  • Gunakan surat folio bergaris untuk menulis surat lamaran kerja. Kamu wajib menggunakan kertas folio bergaris ini, karena faktor kerapian. Selain itu juga praktis. Jika pakai kertas ukuran buku tulis, surat kamu kan memakan dua halaman. Penerima surat bakalan tidak nyaman untuk membaca. Kalau memakai kertas folio bergaris, pembaca bisa langsung membaca surat tanpa harus membolak-balik.
  • Siapin banyak kertas folio bergaris. Biasanya kamu akan melakukan penulisan surat lamaran berkali-kali. Jarang banget sekali nulis langsung betul.
  • Surat lamaran kerja harus kamu tulis tangan. Alasannya, bisa jadi salah satu penilaian tersendiri dari pihak perusahaan atau pembuka loker untuk menilai kepribadianmu dari tulisan tanganmu. Namun jika surat lamaran kerja online, kamu bisa mengetiknya di word lalu disimpan dalam format
  • Baca loker berkali-kali. Apalagi kalau persyaratannya banyak. Kamu harus memastikan semua persyaratan masuk dalam surat lamaran kerja.
  • Tulsi CV jadi satu dengan surat lamaran kerja. Kertas folio bergaris yang terdiri dari 2 lembar sehingga memiliki 24 halaman. Kamu harus manfaatkan untuk menulis satu lembar surat permohonan lamaran kerja di halaman awal, lalu halaman ketiga untuk menulis CV. Tapi kini kamu bisa menulis CV dengan diketik. Jadi terpisah dengan surat lamaran kerja. Keduanya sudah benar dan bisa kamu pakai.
  • Usahanya memulai CV juga satu lembaran saja. Singkat, lengkap, padat, dan jelas. Begitupun dengan menulis surat lamaran kerja.
  • Usahakan tulisanmu rapi dan halaman surat bersih. Setelah selesai, lengkapi dengan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan. Lalu masukkan amplop warna cokelat.
  • Lengkapi lamaran kerja dengan resume. Di mana resume ini disesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan dengan kemampuan yang kamu miliki. Tujuannya adalah untuk memperkuat surat permohonan kerja yang kamu ajukan, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menerima kamu kerja.

Kamu harus hati-hati dalam menulis surat lamaran kerja. Cermati antara persyaratan yang tercantum dalam loker dan cocokkan dengan kemampuan kamu serta bukti kualifikasi yang kamu miliki.

Contoh-contoh surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja umum

contoh surat lamaran kerja umum

  • Contoh 1

Sidoarjo, 1 November 2018

Kepada
Yth. HRD PT. Makmur Jaya
Jalan Dewi Kunti 64 Sidoarjo, Jawa Timur

Di
Tempat

Dengan hormat,

Sesuai dengan adanya lowongan pekerjaan sebagai karyawan di PT Makmur Jaya, saya ingin mengajukan lamaran kerja di posisi tersebut.

Berikut adalah biodata singkat saya :

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMA
Nomer Telepon : ………..
Alamat : …………

Saya sehat jasmani dan rohani untuk bekerja dengan baik di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Foto kopi KTP
  4. Foto kopi KK
  5. Surat keterangan sehat dari dokter
  6. SKCK
  7. Pas foto 3×4 cm

Besar harapan saya untuk bisa bekerja di perusahaan bapak/ ibu. Atas perhatian bapak/ ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Sita Diansyah

  • Contoh 2

Surabaya, 2 November 2018

Kepada
Yth. HRD BPR Rindu Asa Surabaya

Di
Tempat

Dengan hormat,

Berhubung adanya lowongan pekerjaan di BPR Rindu Asa yang saya dapatkan dari Jobloker, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi sebagai Customer Service.
Berikut adalah biodata singkat saya :

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Ekonomi
Nomer HP : ………..
Status : lajang

Saya memiliki pengalaman yang cukup untuk menempati posisi yang bapak/ ibu butuhkan. Untuk bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 4×6 cm 2 lembar
  7. Fotocopy surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Kumala Dewi

  • Contoh 3

Yogjakarta, 3 November 2018

Kepada
Yth. Pimpinan Toko Biru Jaya
Jl. Pemuda, 56 Yogyakarta

Dengan hormat,

Berhubung dengan iklan lowongan pekerjaan sebagian kasir di Toko Biru Jaya, saya menulis surat lamaran kerja ini untuk mengisi posisi tersebut.

Nama : …………
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMK jurusan Multimedia
Nomer HP : ………..
Alamat : ……….

Saya mampu mengoperasikan komputer dengan semua program Ms. Office dan Desain Grafis. Sebagai pendukung, berikut ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. Sertifikat keahlian komputer
  6. Pas foto 3×4 cm 1 lembar

Harapan saya, semoga bapak/ ibu berkenan memberikan kesempatan kepada saya untuk bekerja di tempat bapak/ibu. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Dewi Sinta

Perbedaan contoh surat lamaran kerja di atas hanyalah pada posisi pekerjaan yang akan di lamar. Berdampak juga pada biodata yang dituliskan. Seperti contoh 3 yang tidak menyatakan lajang atau tidaknya, karena yang dilihat adalah jenjang pendidikan. Itupun kalau memang di persyaratan tidak dicantumkan status.

Berbeda dengan contoh 2 yang menyatakan status, karena bekerja di kantor. Secara format, sama saja. Bedanya hanya posisi tanggal surat yang bisa di bagian pojok kanan atas atau pojok kiri atas. Ini adalah contoh umum surat lamaran kerja.

Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Lamaran Kerja Bahasa Inggris

  • Contoh 1

Yogyakarta, November 3rd 2018

Attention To: Human Resources Department
Agung Department Store
Jalan Sekar Yogyakarta

Dear Sir/Madam,

I have gotten information that “Agung Departemen Store” search for Accounting Staff, so I do for fulfilling that position.

Name : …..
Age : …..
Education Stage : …..
Address : …..

I have all qualifications that your department store need. I can work in team based on your policy. I also have enough experience ce in accounting job. Here are my attachment:

  1. Copy of Bachelor Degree (S-1) and also Certificate and Academic Transcript.
  2. Curriculum Vitae.
  3. Copy of identitas card
  4. Recent photograph with size of 4×6
  5. Good attitude from policy

I hope I can join with your department store soon and be the part of it. My thanks for your attention.

Sincerely,

Erna Putri

  • Contoh 2

Jakarta, November 23rd 2018

Attention To: The head
Of Alpha hospital of East Jakarta

Dear Mr. Erman,

As the job information from Season Daily news, i know that your hospital are looking for Eyes doctor. Here, i want that position.

My name is ….. . I live at…… . I am… years old. I had graduate from Merdeka university as Doctor bachelor of eyes specialist. I have independent practice since two tulisan and seven.

I have proper time to do my old job with the new job in your hospital. For sporting it, here some of my attachments:

  1. Copy of doctor Bachelor Degree and also Certificate and Academic Transcript.
  2. Curriculum Vitae.
  3. Recent photograph with size of 4×6
  4. Good attitude from policy
  5. A letter independent practice
  6. A letter of job experience

My big hope for being the part of your hospital soon. Thanks for your attention.

Sincerely,

Sofiana

Kedua contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris tersebut memiliki perbedaan yang cukup jelas. Pada contoh 1, formatnya sma adegan contoh surat lamaran kerja Bahasa Indonesia. Namun untuk contoh 2, bentuknya narasi. Hanya pada poin lampiran saja yang dibuat listing. Pada intinya surat lamaran kerja Bahasa Inggris lebih simpel.

Surat lamaran kerja di bank

  • Contoh 1

Ponorogo, 7 November 2018

Kepada
Yth. Human Resource Development Bank Rakyat Indonesia Ponorogo

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan di Bank Rakyat Indonesia yang saya dapatkan dari Koran Surya, dengan surat ini, saya :

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Bahasa Inggris
Nomer HP : ………..
Status : lajang

Ingin mengisi lowongan sebagai Customer Service (CS) di bank yang bapak pimpin.

Saya memiliki semua kualifikasi sesuai dengan persyaratan yang bapak butuhkan. Kemampuan public speaking saya pun sudah teruji dengan pengalaman kerja saya sebelumnya. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir llegalisi
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy KK
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm
  7. Fotocopy surat pengalaman kerja
  8. Fotocopy sertifikat public speaking
  9. Fotocopy sertifikat TOEFL

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari Bank Rakyat Indonesia. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Dewi Arum

  • Contoh 2

Yogyakarta, 8 November 2018

Kepada
Yth. HRD Bank Nasional Indonesia Kancah Sleman
Jl. Abimanyu 64 Sleman, Yogyakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan lowongan pekerjaan di Koran Seputar Indonesia, Bank Nasional Indonesia Kancah Sleman sedang membutuhkan staff Marketing. Untuk itu, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMK jurusan Marketing
Alamat : ………
Nomor HP : ………..
Status : lajang

Bermaksud untuk mengisi posisi tersebut. Saya siap kerja dengan tim dan siap menerima target yang ditentukan. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. Fotocopy Surat Ijin Mengemudi ( SIM) C
  6. SKCK
  7. Pas foto 4×6 cm 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima menjadi staff Marketing di bank yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Rudi Indrawan

  • Contoh 3

Bandung, 9 November 2018

Kepada
Yth. HRD Bank Centro Asia Unit 3 Kota Bandung
Jl. Bakti Bunda nomer. 13 Bandung

Dengan hormat,

Berhubung adanya lowongan pekerjaan di BCA Unit 3 Kota Bandung sebagai Back Office, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut. .
Adapun berikut adalah biodata saya :

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Ekonomi
Alamat : ………..
Status : lajang

Saya memiliki pengalaman yang cukup untuk menempati posisi yang bapak/ ibu butuhkan. Untuk bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm 2 lembar
  7. Fotocopy surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima di bank yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Adi Firman

Contoh surat lamaran kerja untuk melamar kerja di bank pun sama formatnya dengan format surat lamaran kerja pada umumnya. Yang membedakan adalah penulisan alamat yang jelas di bagian alamat tujuan surat. Kesannya adalah untuk formalitas. Tidak perlu menambahkan frase “ di tempat”. Cukup menuliskan alamat jelasnya saja.

Surat lamaran kerja sebagai guru

contoh Surat Lamaran kerja jadi guru

  • Contoh 1

Jakarta, 10 November 2018

Kepada
Yth. Kepala SMAN 10 Jakarta
Di
Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya pengumuman lowongan pekerjaan di SMAN 10 Jakarta yang saya dapatkan dari Majalah Pendidikan sebagai Guru Bahasa Indonesia, saya bermaksud menempati posisi tersebut.

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Bahasa Indonesia
Nomor HP : ………..
Alamat:

Saya telah berpengalaman mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA selama 3 tahun di Bimbingan belajar. Untuk mendukung surat lamaran kerja ini,   saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy KK
  5. SKCK
  6. Sertifikat-sertifikat pendukung
  7. Pas foto 3×4 cm

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari keluarga SMAN 10 Jakarta. Atas perhatian bapak/ ibu kepala SMAN 10 Jakarta, saya haturkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Tirta Sari

  • Contoh 2

Yogyakarta, 11 November 2018

Kepada
Yth. Kepala SD Bayangkari
Jl. Abimanyu 64 Yogyakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan sebagai pengajar matematika di SDN Bayangkari, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Matematika
Alamat : ………
Nomor HP : ………..

Bermaksud untuk mengisi posisi tersebut. Saya siap mengembangkan prestasi siswa SDN Bayangkari. Untuk itu, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 3x4cm 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima menjadi pengajar di sekolah yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Heri Sadewa

  • Contoh 3

Bandung, 12 November 2018

Yth.
Kepala TK PKK Cempedak Surabaya
Jl. Kalisat 35 A Pondok Kenjeran Surabaya

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan di Harian Kompas, bahwa TK PKK Cempedak sedang membutuhkan guru drumband. Maka dari itu, saya mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut.

Di bawah ini adalah biodata saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Olahraga
Alamat : ………..

Saya memiliki pengalaman yang cukup sebagai pelatih drumband, sehingga saya mampu melatih drumband di TK PKK Cempedak. Berikut ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Saya berharap memiliki  kesempatan besar untuk bisa mengajar di sekolah yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Toni Andra

Surat lamaran untuk posisi guru pada contoh 3 di bagian alamat tujuan surat memiliki keunikan tersendiri. Berbeda dengan yang lainya. Penggunaan kata “ kepada” dihilangkan. Sehingga berdasarkan contoh surat lamaran kerja 3 itu, kamu langsung menggunakan singkatan. “Yth” atau Yang Terhormat contoh ini bisa dijadikan alternatif untukmu dalam menulis surat lamaran kerja.

Surat lamaran pekerjaan di PT

  • Contoh 1

Surabaya, 13 November 2018

Kepada
Yth. HRD PT. Kapal Api Surabaya
Di
Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya brosur lowongan pekerjaan di PT Kapal Api Surabaya, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMA
Nomer HP : ………..
Status : lajang

Ingin mengisi lowongan sebagai Karyawan Produksi. Saya memiliki semua kualifikasi sesuai dengan persyaratan yang bapak/ibu butuhkan. Saya pun juga memiliki pengalaman kerja di bank sebagai karyawan produksi selama bertahun-tahun di pabrik. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir dilegalisir
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy KK
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm
  7. Fotocopy surat pengalaman kerja

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari PT Kapal Api Surabaya. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Dena Wulan

  • Contoh 2

Yogyakarta, 14 November 2018

Kepada
Yth. Personalia PT. Makmur  Yogyakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan lowongan pekerjaan di Koran Harian Rakyat, PT Makmur sedang membutuhkan  membuka  lowongan kerja di posisi staff administrasi. Untuk itu, saya :

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMK jurusan Sekretaris
Alamat : ………
Nomer HP : ………..
Status : lajang

Bermaksud untuk mengisi posisi tersebut. Saya siap kerja dengan tim dan siap menerima target yang ditentukan. Berikut saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. Sertifikat komputer
  6. SKCK
  7. Pas foto 4×6 cm 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima menjadi staff administrasi di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Gilang Radi

  • Contoh 3

Bandung, 15 November 2018

Kepada
Yth. HRD PT. Nando Mulya Bandung
Jl. Bakti Bunda nomer. 13 Bandung

Dengan hormat,

Di bawah ini, saya :

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Ekonomi
Alamat : ………..
Status : lajang

Memiliki pengalaman yang cukup untuk menempati posisi sebagai Staff Marketing di PT Nando Mulyaa yang bapak/ ibu butuhkan. Untuk bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm 2 lembar
  7. Fotocopy surat pengalaman kerja
  8. Sertifikat keahlian

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Daniar

Melamar kerja di perusahan sama dengan melamar kerja di CV atau toko atau lainnya. Alamat surat yang dituju bisa ke bagian personalia atau HRD. Contoh surat lamaran kerja di atas simpel, tapi mudah untuk kamu pelajari.

Surat lamaran pekerjaan fresh graduate

  • Contoh 1

Ponorogo, 16 November 2018
Kepada
Yth. Pimpinan Bank Rakyat Indonesia Ponorogo

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan di Bank Rakyat Indonesia yang saya dapatkan dari Koran Surya, dengan surat ini, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Akuntansi
Jenis Kelamin : …..
Nomor HP : ………..
Status : lajang
IPK : ….

Ingin mengisi lowongan sebagai Customer Service (CS) di bank yang bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy KK
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm

Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Fira Selama

  • Contoh 2

Yogyakarta, 17 November 2018

Kepada
Yth. Ibu Deniati
Pemilik Dealer Kawasaki
Jl. Abimanyu 64 Sleman, Yogyakarta
Di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan lowongan pekerjaan di Koran Seputar Indonesia, Dealer Kawasaki sedang membutuhkan mekanik. Untuk itu, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan
Alamat : ………
Nomor HP : ………..

Bermaksud untuk mengisi posisi tersebut. Saya siap kerja dengan tim serta mematuhi semua peraturan yang ditentukan. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. Fotocopy Surat Ijin Mengemudi ( SIM) C
  6. SKCK
  7. Pas foto 4×6 cm 2 lembar
  8. Sertifikat keahlian

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima menjadi staff mekanik di dealer yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Aysha Raya

  • Contoh 3

Bandung, 18 November 2018

Kepada
Yth. Pemilik Optik Asia Kota Bandung
Jl. Bakti Bunda nomer. 13 Bandung

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan di Optik Asia Kota Bandung sebagai Pramuniaga, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Adapun berikut adalah biodata saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMA
Alamat : ………..

Untuk bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. Pas foto 3×4 cm 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima di optik bapak/ ibu. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Bunga Sintya

Untuk contoh surat lamaran kerja kali ini terlihat lebih simple. Ya, memang dibuat simple agar lebih mudah dipahami untuk fresh graduate. Isi suratnya tanpa ada pernyataan tentang kemampuan yang dimiliki. Bisa ditulis nantinya pada resume tersendiri.

Surat lamaran pekerjaan di rumah sakit

contoh surat lamaran kerja rumah sakit

  • Contoh 1

Ponorogo, 19 November 2018

Kepada
Yth. Human Resource Development RS Muhammadiyah  Ponorogo
Jl. Diponegoro 60 Ponorogo
Di
Tempat

Dengan hormat,

Dengan adanya lowongan pekerjaan sebagai Cleaning Service di Rumah sakit Muhammadiyah Ponorogo yang saya dapatkan dari media Rakyat Seputar Ponorogo, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMA
Nomor HP : ………..

Ingin mengisi lowongan yang dibutuhkan oleh pihak RS Muhammadiyah Ponorogo.

Saya siap bekerja dengan tim dan berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy KK
  5. Pas foto 3×4 cm

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari RS Muhammadiyah Ponorogo. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Setiono

  • Contoh 2

Yogjakarta, 20 November 2018

Kepada
Yth. HRD RS Bhakti
Jl. Abimanyu 64 Sleman, Yogjakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan lowongan pekerjaan di Koran Seputar Indonesia, RS Bhakti Yogyakarta sedang membutuhkan staff Farmasi. Untuk itu, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : D3 Farmasi
Alamat : ………
Nomor HP : ………..

Bermaksud untuk mengisi posisi tersebut. Saya memiliki persyaratan lengkap yang rumah sakit butuhkan. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. Surat Keterangan sehat
  6. SKCK
  7. Pas foto 4×6 cm 2 lembar
  8. Fotokopi surat magang Staff Farmasi

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima menjadi staff Farmasi di rumah sakit yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Rudi Setyo

  • Contoh 3

Bandung, 21 November 2018

Kepada
Yth. HRD Rumah Sakit Buana Kota Bandung
Jl. Bakti Bunda nomer. 13 Bandung

Dengan hormat,

Berhubung adanya lowongan pekerjaan di Rumah Sakit Buana Kota Bandung sebagai Dokter Umum, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Adapun berikut adalah biodata saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : Sarjana Kedokteran Spesialis Penyakit Umum
Alamat : ………..

Saya memiliki pengalaman yang cukup untuk menempati posisi yang bapak/ ibu butuhkan. Saya telah membuka praktik kedokteran selama 5 tahun dan praktik di rumah sakit selama 4 tahun. Sesuai dengan jadwal yang dibutuhkan dalam persyaratan loker yang Rumah Sakit Buana buktikan, saya siap mengisi lowongan sebagai dokter umum. Untuk bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm 2 lembar
  7. Fotocopy surat keterangan praktik
  8. Fotokopi surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa bergabung di rumah sakit yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Feni Sinta

Surat lowongan pekerjaan yang ditujukan untuk rumah sakit ini harus lebih meyakinkan isinya. Penggunaan kalimat efektif yang menyatakan kemampuan kamu yang cocok dengan posisi yang ditawarkan harus benar-benar diperhatikan. Contoh surat lamaran pekerjaan tersebut bisa dijadikan contoh beberapa posisi yang biasa dibutuhkan oleh rumah sakit.

Surat lamaran pekerjaan perusahaan swasta

  • Contoh 1

Ponorogo, 22 November 2018

Kepada
Yth. Human Resource Development PT Maju Indah Ponorogo
Di
Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan di PT Maju Indah yang saya dapatkan dari Koran Surya, dengan surat ini, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Ilmu komputer
Nomor HP : ………..
Agama : ……

Ingin mengisi lowongan sebagai Customer Service (CS) di perusahaan yang bapak pimpin.

Saya memiliki semua kualifikasi sesuai dengan persyaratan yang bapak butuhkan. Kemampuan komputer saya pun sudah teruji dengan pengalaman kursus setingkat ahli. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir dilegalisir
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy KK
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm
  7. Fotocopy surat pengalaman kerja
  8. Fotocopy sertifikat kursus
  9. Fotocopy sertifikat TOEFL

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari PT Maju Indah. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Annisa

  • Contoh 2

Yogyakarta, 23 November 2018

Kepada
Yth. HRD PT Permai Sleman
Jl. Abimanyu 64 Sleman, Yogyakarta

Berdasarkan informasi bahwa ada  lowongan pekerjaan di PT Permai Sleman di posisi staff Marketing, saya :

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMK jurusan Marketing
Alamat : ………
Nomor HP : ………..
Status : lajang

Bermaksud untuk mengisi posisi tersebut. Saya siap kerja dengan tim dan siap menerima target yang ditentukan. Berikut saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. Fotocopy Surat Ijin Mengemudi ( SIM) C
  6. SKCK
  7. Pas foto 4×6 cm 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima menjadi staff Marketing di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Andra Juni

  • Contoh 3

Bandung, 24 November 2018

Kepada
Yth. HRD PT Dunia Damai Kota Bandung
Jl. Bakti Bunda nomer. 13 Bandung
Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Ekonomi
Alamat : ………..
Status : lajang

Bermaksud mengajukan diri untuk mengisi lowongan kerja di perusahaan yang bapak / ibu pimpin sebagai direktur keuangan.

Saya memiliki pengalaman yang cukup untuk menempati posisi yang bapak/ ibu butuhkan. Untuk bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm 2 lembar
  7. Fotocopy surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Fandi Krisna

Sama dengan contoh surat lamaran kerja sebelumnya. Surat lamaran kerja untuk melamar kerja di perusahaan swasta ini juga dibuat padat, singkat, dan to the point. Kamu bisa menggunakan format ini untuk mengirim lamaran kerja via email.

Surat lamaran pekerjaan di hotel

  • Contoh 1

Ponorogo, 25 November 2018

Kepada
Yth. Human Resource Development Hotel Juanda
Jl. Ir. Juanda Ponorogo
Di
Tempat

Hal : Surat permohonan kerja

Dengan ini, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Jenis Kelamin : ……..
Pendidikan terakhir : S1 Bahasa Inggris
Nomer HP : ………..
Status : lajang

Ingin mengisi lowongan sebagai Customer Service (CS) di Hotel Juanda Ponorogo yang bapak/ ibu pimpin. Sesuai dengan persyaratan lowongan kerja yang tertera pada Koran Jawa Pos, berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir dilegalisir
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy KK
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm
  7. Fotocopy sertifikat public speaking
  8. Fotocopy sertifikat TOEFL

Saya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi Customer Service di Hotel Juanda Ponorogo. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Arumi Nanda

  • Contoh 2

Yogjakarta, 26 November 2018

Kepada
Yth. HRD Hotel Perjuangan Sleman, Yogyakarta
Di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan lowongan pekerjaan di Koran Seputar Indonesia, Hotel Perjuangan sedang membutuhkan staff Marketing. Untuk itu, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMK jurusan Marketing
Alamat : ………
Nomer HP : ………..

Bermaksud untuk mengisi posisi tersebut. Saya siap kerja dengan tim dan siap menerima target yang ditentukan. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. Fotocopy Surat Ijin Mengemudi ( SIM) C
  6. SKCK
  7. Pas foto 4×6 cm 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima menjadi staff Marketing di hotel yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Indra Wijaya

  • Contoh 3

Bandung, 27 November 2018

Kepada
Yth. HRD Hotel Anda Kota Bandung
Jl. Bakti Bunda nomer. 13 Bandung

Dengan hormat,

Berhubung adanya lowongan pekerjaan di Hotel Anda Kota Bandung sebagai Penerima Tamu, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.
Adapun berikut adalah biodata saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Jenis kelamin : ……..
Pendidikan terakhir : SMA

Saya memiliki pengalaman yang cukup sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Saya pun juga menguasai bahasa Inggris. Untuk bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan :

  1. 1.Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm 2 lembar
  7. Fotocopy surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima di hotel yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Edi Siswadi

Contoh surat lamaran kerja di hotel kebanyak ditujukan untuk posisi penerima tamu, customer service, office boy, marketing, atau yang lainnya. Sertakan kode posisi yang tertera dalam pengumuman lowongan kerja. Tujuannya adalah untuk memperjelas posisi yang kamu tuju.

Surat lamaran pekerjaan dosen

  • Contoh 1

Ponorogo, 28 November 2018

Kepada
Yth. Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Di
Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S2 Bahasa Inggris
Alamat : …….

Dengan ini mengajukan permohonan kesempatan kepada bapak Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo untuk menjadi dosen mata kuliah Linguistic di universitas yang bapak/ ibu pimpin.

Saya memiliki semua kualifikasi sesuai dengan persyaratan yang bapak/ ibu butuhkan. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah S1 legalisir
  3. Fotocopy ijazah S2 legalisir
  4. Fotocopy KTP
  5. SKCK
  6. Surat Pernyataan Tidak sedang Terikat dengan Instansi lain
  7. Surat Pernyataan Belum Memiliki NUPTK
  8. Surat Pernyataan Tidak Pernah Diberhentikan Secara Tidak Hormat Dalam Bekerja
  9. Surat Pernyataan Tidak Menjadi Pengurus Partai Politik
  10. Pas foto 3×4 cm : 3 lembar
  11. Fotocopy sertifikat public speaking
  12. Fotocopy sertifikat TOEFL dan TEFL

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu rektor untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Susi Puspita

  • Contoh 2

Surabaya, 29 November 2018

Kepada
Yth. Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya
Di
Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S2 Ekonomi
Alamat : …….

Dengan ini mengajukan permohonan kesempatan kepada bapak Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi untuk menjadi dosen di Sekolah Tinggi yang bapak/ibu pimpin.
Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah S1 legalisir
  3. Fotocopy ijazah S2 legalisir
  4. Fotocopy KTP
  5. SKCK
  6. Surat Pernyataan Tidak sedang Terikat dengan Instansi lain
  7. Surat Pernyataan Belum Memiliki NUPTK
  8. Surat Pernyataan Tidak Pernah Diberhentikan Secara Tidak Hormat Dalam Bekerja
  9. Surat Pernyataan Tidak Menjadi Pengurus Partai Politik
  10. Pas foto 3×4 cm : 3 lembar
  11. Fotocopy sertifikat public speaking

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu ketua untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Juni Andani

  • Contoh 3

Madiun, 28 November 2018

Kepada
Yth. Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun
Di
Tempat

Dengan hormat,

Berhubungan dengan adanya lowongan kerja dosen di Universitas Muhammadiyah Madiun yang Bapak/ ibu pimpin, dengan ini, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S2 Bahasa Indonesia
Alamat : …….

Dengan ini mengajukan permohonan kesempatan kepada bapak Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun untuk menjadi dosen di universitas yang bapak/ ibu pimpin.
Saya memiliki semua kualifikasi sesuai dengan persyaratan yang bapak/ ibu butuhkan. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah S1 legalisir
  3. Fotocopy ijazah S2 legalisir
  4. Fotocopy KTP
  5. SKCK
  6. Surat Pernyataan Tidak sedang Terikat dengan Instansi lain
  7. Surat Pernyataan Belum Memiliki NUPTK
  8. Surat Pernyataan Tidak Pernah Diberhentikan Secara Tidak Hormat Dalam Bekerja
  9. Surat Pernyataan Tidak Menjadi Pengurus Partai Politik
  10. Pas foto 3×4 cm : 3 lembar
  11. Fotocopy sertifikat public speaking
  12. Fotocopy sertifikat TOEFL dan TEFL

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu rektor untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari Universitas Muhammadiyah Madiun. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Sandi Aulani

Contoh surat lamaran kerja sebagai dosen ini lebih formal kalimat yang digunakan. Jumlah lampiran pun lebih banyak. Semua lampiran disebutkan semua secara lengkap. Ini bertujuan untuk memberikan gambaran kualitas kamu sebagai dosen.

Surat lamaran pekerjaan indomaret

  • Contoh 1

Ponorogo, 31 November 2018

Hal : Surat Permohonan Kerja
Kepada
Yth. Human Resource Development
PT Indomarco Prismatama Ponorogo
Di
Ponorogo

Dengan hormat,

Saya mendengar bahwa PT Indomarco Prismatama sedang membutuhkan staff baru. Untuk itu, dengan surat ini, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMA
Nomer HP : ………..
Alamat : ……..
Status : lajang

Ingin mengisi lowongan sebagai Pramuniaga di PT Indomarco Prismatama yang bapak/ ibu pimpin.

Untuk memberikan gambaran umum tentang diri saya, Berikut saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir llegalisi
  3. Fotocopy KTP
  4. Pas foto 3×4 cm

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari PT Indomarco Prismatama. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Agung Tri

  • Contoh 2

Yogjakarta, 12 November 2018

Kepada
Yth. HRD PT Indomarco Prismatama Sleman
Jl. Kresna 64 Sleman, Yogjakarta
Di
Yogyakarta

Dengan hormat,

Dengan ini, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMK jurusan Marketing
Alamat : ………
Nomer HP : ………..
Status : lajang

Bermaksud untuk mengisi posisi lowongan kerja PT Indomarco Prismatama di posisi Kasir. Saya siap kerja sesuai dengan peraturan PT Indomarco Prismatama. Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 4×6 cm 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima menjadi kasir di PT Indomarco Prismatama yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Krisna Sari

  • Contoh 3

Bandung, 23 November 2018

Kepada
Yth. HRD PT Indomarco Prismatama Kota Bandung
Jl. Bakti Indah No. 10 Bandung

Dengan hormat,

Berhubung adanya lowongan pekerjaan di PT Indomarco Prismatama Kota Bandung sebagai Staff Gudang, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.
Adapun berikut adalah biodata saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : SMA
Alamat : ………

Untuk bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Pas foto 3×4 cm 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Suci Indriawati

Surat lamaran kerja untuk melamar kerja di Indomaret ini, ditujukan langsung ke bagian HRD PT Indomarco Prismatama. Dari contoh surat lamaran kerja tersebut, kamu bisa menyesuaikan isi dengan posisi yang dibutuhkan. Tulis dengan jelas dan readable.

Surat lamaran pekerjaan perawat

  • Contoh 1

Ngawi, 13 November 2018

Kepada
Yth. Human Resource Development Rumah Sakit Persada Ngawi
Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan tentang adanya lowongan pekerjaan di Rumah Sakit Persada, dengan surat ini, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Keperawatan
Nomer HP : ………..
Alamat : ……..

Ingin mengisi lowongan sebagai perawat di rumah sakit yang bapak/ibu pimpin.

Saya memiliki semua kualifikasi sesuai dengan persyaratan yang bapak butuhkan. Kemampuan keperawatan saya pun sudah teruji dengan pengalaman magang saya sebelumnya. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy KK
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm
  7. Fotocopy surat pengalaman magang

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bapak/ ibu untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari Rumah Sakit Persada. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Dewi Sartika

  • Contoh 2

Yogjakarta, 5 November 2018

Kepada
Yth. Personalia Klinik Medika
Jl. Abimanyu 64 Sleman, Yogyakarta
Di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan lowongan pekerjaan di Koran Seputar Indonesia, Klinik Medica sedang membutuhkan perawat. Untuk itu, saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : D3 Keperawatan
Alamat : ………
Nomor HP : ………..

Bermaksud untuk mengisi posisi tersebut. Saya siap kerja sesuai dengan jam kerja yang ditentukan oleh bapak/ibu. Berikut saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 4×6 cm 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima menjadi perawat di klinik yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Risky

  • Contoh 3

Bandung, 3 November 2018

Kepada
Yth. HRD Rumah Sakit Pondok Hijau Kota Bandung
Jl. Bakti Bunda No. 13 Bandung

Dengan hormat,

Berhubung adanya lowongan pekerjaan di Rumah Sakit Pondok Hijau Kota Bandung sebagai perawat, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.
Adapun berikut adalah biodata saya:

Nama : ………….
Tempat, tanggal lahir : ………..
Pendidikan terakhir : S1 Keperawatan
Alamat : ………..
Status : lajang

Saya memiliki pengalaman magang yang cukup untuk menempati posisi yang bapak/ ibu butuhkan. Untuk bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir legalisir 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 lembar
  4. Fotocopy KK 1 lembar
  5. SKCK
  6. Pas foto 3×4 cm 2 lembar
  7. Fotocopy surat pengalaman magang

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan mengharap kesempatan besar untuk saya bisa diterima di rumah sakit yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Ade Irna

Poin penting dalam contoh surat lamaran kerja sebagai perawat tersebut adalah lampirannya. Untuk menguatkan potensi diri agar diterima sebagai perawat, kamu Harus menyertakan surat magang. Karena jam kerja shift yang disesuaikan dengan jam kerja dari rumah sakit, maka kamu harus menyatakan kesanggupan untuk mengikuti jam kerja yang ada.

Menulis surat lamaran kerja tidak sulit sama sekali. Kamu bisa langsung menulis tangan dengan melihat berbagai contoh surat lamaran kerja ini. Banyak variasinya, sesuai dengan keperluan melamar kerja. Yang terpenting kamu harus membuatnya yang benar-benar berkualitas. Isi surat kamu mencerminkan passionmu.

Beda tujuan melamar kerja akan beda isinya, seperti contoh surat lamaran kerja ini. Padu padan kalimat di dalam isi surat lamaran kerja pun bisa kamu lakukan untuk menyempurnakan hasil surat lamaran kerja yang kamu buat. Tulis yang terbaik dan eye-catching  HRD. Jadi kesempatan kamu untuk diterima kerja pun lebih besar.

Panduan contoh surat lamaran kerja di atas juga fleksibel sifatnya. Selain cocok untuk ditulis secara langsung juga cocok untuk surat lamaran kerja yang dikirim via email. Bisa dipetik dalam format doc dan kemudian untuk lampiran bisa di scan. Semuanya dijadikan satu  dalam bentuk RAR atau pdf sehingga mudah untuk dikirim.