contoh kata pengantar makalah

12 Contoh Kata Pengantar Berbagai Bidang Kepenulisan [Terbaru 2018]

Kalau sudah ketemu tugas, maka yang bikin pusing pertama kali pasti bikin kata pengantar. Iya nggak? Iya donk. Pasti kan. Soalnya kata pengantar ini menjadi point of interest dari isi tugas yang kamu buat. Jadi si pembaca bakalan merasakan kesan yang bikin penasaran. Makanya kamu perlu banget mencari referensi contoh kata pengantar buat mendukung tugasmu.

Tapi selama ini yang udah ngakar kuat di otak kamu pasti ada kata pengantar ada makalah. Iya banget, soalnya pas di sekolah guru kamu ngajarin kamu bikin kata pengantar pas ngasih tugas bikin makalah. Kalo nggak salah pas jenjang SMP ya.

Padahal kebutuhan buat kata pengantar bukan hanya untuk makalah aja, tapi juga untuk bentuk tugas kepenulisan yang lainnya, seperti bikin skripsi, laporan, karya ilmiah, makalah, proposal, dan yang paling tinggi levelnya kata pengantar buku.

Nggak kebayang susahnya bikin kata pengantar pas tugas udah mendarat. Langsung harus dikumpulin besok. Makanya contoh-contoh kata pengantar ini sangatlah direkomendasikan untukmu agar lancar bikin kata pengantar.

Struktur penulisan kata pengantar

sebelum kamu membuat kata pengantar, kamu harus paham dulu gimana struktur penilaian kata pengantar yang benar. Dengan membaca banyak contoh kata pengantar, sama saja kita belajar tentang struktur kata pengantar.

Namun setelah mengetahui struktur kata pengantar dari contoh kata pengantar, kita harus langsung mempraktikkannya, sehingga kita akan benar-benar paham. Berikut adalah struktur kata pengantar yang wajib ada:

1. Bagian pembuka

Struktur ini berada di bagian awal kata pengantar. Kamu bisa langsung memulai dengan mengucapkan:

  • Rasa syukur. Sebuah ungkapan terima kasih karena makalah yang kamu buat sudah bisa selesai tepat waktu.Kata pengantar di Indonesia menggunakan ucapan syukur ini ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    Hal ini mengacu kepada kemajemukan agama di Indonesia.Namun untuk buku agama, ucapan syukur akan disampaikan dengan versi agama masing-masing, misalnya contoh kata pengantar untuk buku agama Islam, maka ucapkan syukur ditujukan kepada Allah SWT. Ucapan rasa syukur ini harus cukup di paragraf pertama kata pengantar. Tidak perlu lebih.
  • Terima kasih. Ucapan ini terletak di paragraf kedua. Ucapan ini ditujukan kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah atau karya tulis yang kamu buat. Kalaupun tidak membantu secara langsung, para pendukung pun juga masuk dalam list ucapan terima kasih ini.

    Beda jenis karya tulis, maka akan beda list orang yang dituju. Misalnya adalah contoh kata pengantar yang ada di dalam skripsi, maka ucapan terima kasih ditujukan kepada dosen pembimbing, ketua universitas, wakil ketua, teman, keluarga, dan lain-lain.Untuk tata cara menyebutkannya, kamu harus mengirimkannya berdasarkan pangkat. Jadi tertulis ketua universitas, wakil ketua universitas, dosen pembimbing, keluarga, dan teman-teman. Penyebarannya bisa listing dengan nomer atau langsung masing paragraf. Namun kebanyakan masuk listing jika disebutkan nama dan pangkatnya.

2. Isi

Kata pengantar adalah gambaran singkat dari isi karya tulis kamu. Inilah esensi dari bagian isi dari kata pengantarnya kamu buat. Di bagian isi ini, kamu harus bercerita tentang apa isi karya tulis kamu. Kamu bisa menyebutkan:

  • Judul karya tulis. Ini penting, karena dari judul lah karena tulis kamu memiliki identitas. Setidaknya dari judul, para pembaca memiliki gambaran tentang isi karya tulis kita.
  • Komponen isi, misalnya pada skripsi, maka utarakan tujuan penelitian yang dilakukan, metode yang digunakan, serta objek yang dipakai. Kalau makalah, maka tuliskan isi pembahasan yang akan kita angkat.

3. Penutup

Penulisannya berada di paragraf terakhir kata pengantar. Cukup satu paragraf saja. Isinya adalah:

  • Permohonan maaf. Ini adalah unsur kesopanan yang harus disertakan sebagai identitas bangsa Indonesia yang rendah hati. Permohonan maaf ini adalah untuk penyusunan yang belum sempurna.
  • Saran. Terkait dengan belum sempurnanya karya tulis yang kamu buat, maka kamu minta saran, masukan, atau pendapat kepada pembaca. Tujuannya adalah untuk menyempurnakan karya tulis yang selanjutnya dibuat.

Ketiga struktur dalam kata pengantar tersebut harus ada. Jangan sampai ada yang ketinggalan. Syarat mutlak kata pengantar yang baik harus ada pembuka, isi dan penutup.

Penulisan kata pengantar pun juga harus sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan. Tanda baca pun juga harus diperhatikan. Kamu harus benar-benar memperhatikan penulisan kata pengantar yang benar.

Di akhir penulisan kata pengantar, di sebelah bawah pojok kanan sertakan nama kota dibuatnya karya tulisnya dan tanggal pengusunannya. Bawahnya tempat tanggal, tulis “penyusun”. Tidak perlu nama orang atau nama kamu dicantumkan.

Tujuannya adalah kebanyakan karya tulis dibuat oleh kelompok. Jadi dengan menggunakan kata “penyusun” sudah mewakili semua penyusun makan atau karya tulis. Kalau seperti skripsi yang dibuat satu orang, maka kata ”penyusun” sudah jelas mengarah kepada si pemilik skripsi.

Kata pengantar Makalah

Makalah adalah bentuk karya tulis yang sifatnya objektif. Makalah sangat cakupannya. Hampir semua bidang ilmu bisa dibuat makalah. Beberapa diantaranya adalah makalah agama, sastra, sains, PKN, Geofisika, dan masih banyak lagi yang lainnya menyukai. Setiap disiplin ilmu tersebut nanti bisa dipecah menjadi banyak materi pembahasan, sehingga makalah yang dihasilkan pun beraneka ragam.

Kata pengantar dalam makalah pun strukturnya sama dengan contoh kata pengantar lainnya. Bedanya adalah pada isi kata pengantar. Beda judul beda isi kata pengantar. Namun untuk makalah agama, ada ciri khas di bagian pembuka kata pengantar dengan langsung menyebut ucapan syukur kepada Allah SWT, untuk makalah agama Islam.

● Makalah agama

Kata Pengantar

Puji syukur tak henti penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat anugerah-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah yang berjudul “Keutamaan Sedekah di Era Milenium” ini.

Beragam nilai yang terdapat dalam Islam begitu universal serta mewakili banyak permasalahan kehidupan. Islam memerintahkan untuk rajin bersedekah. Tujuannya adalah untuk meringankan beban hidup yang berat, baik beban hidup sendiri maupun orang lain.

Seiring berkembangnya zaman, beragam nilai ajaran islam yang universal dan indah sudah mulai ditolak dengan beragam alasan. Salah satunya yaitu faktor psikologis. Dimana manusia di zaman globalisasi ini sudah semakin sulit untuk menerima materi yang sulit ditangkap oleh logika.

Bagaimana bisa dengan bersedekah rejeki kita menjadi berlipat. Apakah benar kalau harta yang kita sedekahkan itu memang hak orang lain. Lalu bagaimana implementasinya. Inilah yang wajib dikaji sehingga sedekah bisa menjadi kebiasaan.

Oleh karena itu, makalah ini kami sampaikan untuk menjawab problematika tersebut. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Zaenul Arifin, M.Si yang berperan sebagai guru Pendidikan Agama Islam.

Kami menyadari bahwa makalah ini belum sempurna, layaknya pepatah “Tak ada gading yang tak retak“, oleh karenanya kami mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini.

Kami harap semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Khususnya semoga bisa menambah wawasan mengenai prinsip dakwah dalam islam.

Kepada seluruh pembaca yang bersedia memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun dalam rangka penyempurnaan makalah ini selanjutnya, kami buka tangan selebar-lebarnya untuk apresiasi tersebut dengan hati yang terbuka dan ucapan terima kasih.

Ponorogo, 10 November 2018

Penyusun

● Makalah PKN

Kata Pengantar

Alhamdulillah, senantiasa kita ucapkan puji syukur kehadirat Tuhan YME yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan yang luar biasa ini yaitu untuk menyelesaikan tugas penulisan makalah tentang “Hak dan Kewajiban Negara untuk Rakyat”.

Adapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Makalah ini membahas mengenai pengertian hak, pengertian kewajiban, pengertian negara, serta hak dan kewajiban negara untuk rakyat.

Kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah ini. Penulis juga berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi setiap pembaca.

Tak lupa dengan seluruh kerendahan hati, kami meminta kesediaan pembaca untuk memberikan kritik serta saran yang membangun mengenai penulisan makalah kami ini. Kami akan merevisi kembali pembuatan makalah ini di waktu berikutnya.

Kediri, 17 November 2018

Penyusun

Kata pengantar Proposal

Contoh kata pengantar dalam proposal akan berisi tentang isi proposal. Di mana isinya adalah berkaitan dengan pengajuan sebuah ide kreatif yang bisa berupa kegiatan. Kebanyakan proposal ini akan mengarah kepada kegiatan ilmiah, seperti penelitian atau praktikum.

Arahkan isi kata pengantarnya ke kegiatan yang akan dilakukan. Kamu bisa mencantumkan objek penelitian, metode, latar belakang, dan rencana tindakan secara ringkas. Yang penting jelas dan tidak panjang lebar.

● Praktikum

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saat ini masih memberikan iman dan kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan untuk menyelesaikan proposal percobaan dengan judul “Pemanfaatan Sari Buah mengkudu untuk Bahan Pangan (Es Krim)” ini tepat waktu.

Adapun tujuan penyusunan proposal percobaan ini adalah untuk menemukan kandungan baik pada sari buah mengkudu yang bisa diolah menjadi bahan pangan.

Banyak sekali hambatan yang telah penulis rasakan saat proses praktikum. Oleh sebab itu, kami berterimakasih kepada beberapa pihak terutama bapak pengajar mata pelajaran Biologi kami yang telah membantu membina dan mendukung kami dalam mengatasi beberapa hambatan yang kami hadapi.

Kami sadar bahwa pada proposal percobaan kami ini jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami benar-benar menanti kritik dan saran untuk kemudian dapat kami revisi dan kami tulis di masa yang selanjutnya. Sekali kali lagi kami menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa disertai saran yang konstruktif. Semoga proposal percobaan ini dapat memberikan manfaat.

Kediri, 18 November 2018

Penyusun

● Penelitian

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT, sang Pengatur Alam Semesta, yang telah melimpahkan kasih-Nya sehingga kami berhasil menyusun Proposal Penelitian ‘Analisis Tingginya Tingkat Kenakalan Remaja di Kecamatan Palung Kabupaten Jember’ dengan baik.

Proposal ini diajukan demi pembaharuan informasi mengenai daerah yang rawan kriminalitas yang dilakukan oleh para remaja di Kecamatan Palung Kabupaten Jember. Untuk itu, pencegahan bisa dilakukan lebih dini untuk menyelamatkan moral generasi bangsa.

Meskipun kami sangat berharap agar proposal ini tidak memiliki kekurangan. Tetapi kami menyadari bahwa pengetahuan kami sangatlah terbatas, sehingga kami tetap mengharapkan masukan serta kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk proposal ini.

Tuban, 29 November 2018

Penyusun

Kata pengantar laporan

Sematkan semua orang yang telah berkontribusi di dalam penyusunan laporan di dalam kata pengantarnya. Contoh kata pengantar laporan pelatikan pengurus OSIS, maka orang yang disebutkan adalah kepala sekolah, ketua OSIS lama, pengurus OSIS lama, pembina OSIS, serat semua pengurus OSIS yang baru.

Penyebutannya bisa dengan posting atau masuk ke dalam paragraf. Lebih baik dimasukkan ke dalam paragraf jika yang disebutkan hanya sedikit.

Kata Pengantar

Ucapan puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, karena kita masih diberikan nikmat kesehatan, kekuatan, dan kesempatan menyusun Laporan Pelantikan OSIS SMP Negeri 9 Madura Tahun ajaran 2018/ 2019 ini dengan baik tanpa ada suatu halangan apapun.

Tidak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah dan seluruh pihak terkait yang telah membantu kami dalam penyusunan laporan ini, khususnya kepada:

– Bapak H. Roni Awan, M.Pd selaku Kepala sekolah yang telah berkenan memberikan ijin atas terlaksananya kegiatan Pelantikan OSIS SMP Negeri 9 Madura
– Kakak Edi Triantri selaku Pembina OSIS yang telah memberikan bimbingan dalam pelaksanaan pelantikan OSIS SMP Negeri 9 Madura.
– Semua warga SMP Negeri 9 Madura, serta
– Pihak-pihak terkait yang ikut membantu dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban ini.

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami terbuka menerima kritik dan saran yang bersifat membangun, sehingga dapat memperbaiki kualitas dan melengkapi kekurangan pada laporan pertanggungjawaban ini.

Bandung, 20 November 2018

Penyusun

Kata pengantar Skripsi

Bisa dikatakan kalau contoh kata pengantar skripsi ini adalah kata pengantar yang paling tinggi levelnya. Ini dikarenakan skripsi adalah termasuk dalam jajaran bentuk karya tulis yang berkelas. Di mana skripsi ini adalah karya tulis yang menandingi syarat mutlak seseorang untuk menjadi seorang sarjana.

Untuk membuat kata pengantar skripsi, kamu wajib tahu ciri khasnya. Pada bagian pembuka kata pengantar, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat selalu berbentuk listing. Banyak orang yang disebutkan, sehingga kata pengantar skripsi kebnyakan memakan 2 halaman. Ini adalah wujud rasa syukur karena skripsi bisa terselesaikan.

Kata Pengantar

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya serta hidayah-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan judul “Pengaruh Kecanggihan Teknologi terhadap Perkembangan Alat Pembelajaran di SD Negeri 4 Jember”.

Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya hingga pada umatnya sampai akhir zaman.

Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Jurusan Bahasa dan Seni Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Jember. Dalam proses penyusunan skripsi ini, penulis mendapatkan banyak sekali bantuan, bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, rasa terima kasih penulis ucapkan kepada:

1. Bapak Roslan Mahmud, M.Pd selaku ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Jember yang memudahkan segala perijinan penelitian.

2. Bapak Dwi Sasongko, M.Pd selaku ketua Program Studi Bahasa Indonesia yang telah memberikan kemudahan bagi saya untuk menyusun skripsi.

3. Bapak Ahmad Saleh, M.Pd selaku Pembimbing I yang selalu memberi bimbingan, masukan dan waktunya untuk membimbing penulis.

4. Bapak Drs. Hendri Naryo, M.Si selaku pembimbing II yang juga memberikan banyak perhatian serta waktunya untuk membimbing penulis.

5. Keluarga besar SD Negeri 4 Jember yang telah membantu melengkapi data penelitian skripsi saya.

6. Keluarga, saudara, teman-teman, serta pihak-pihak lain yang tidak henti-hentinya menentukan support.

Penulis berharap skripsi yang telah disusun ini bisa memberikan sumbangsih untuk menambah pengetahuan para pembaca. Akhir kata, dalam rangka perbaikan selanjutnya, penulis akan terbuka terhadap saran dan masukan dari semua pihak karena penulis menyadari skripsi yang telah disusun ini memiliki banyak sekali kekurangan.

Semarang, 19 November 2018

Penyusun

Kata pengantar Karya ilmiah

Kata pengantar untuk karya ilmiah ini sifatnya sama dengan makalah atau skripsi. Dari segi judul yang diambil pun sama, karena skripsi adalah bentuk dari karya ilmiah. Perbedaanya adalah jika karya ilmiah ini lebih fokus kepada pada tema ilmiah atau yang berhubungan dengan alam.

Mahasiswa jurusan ilmu alam ini lah yang lebih sering menyusun bentuk karya ilmiah ini. Kamu bisa membuat kata pengantar yang singkat dan jelas.

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan rahmat-Nyalah kami akhirnya bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Peran Cacing Tanah dalam Mengendalikan Laju Erosi” ini dengan baik.

Tidak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan banyak bimbingan serta masukan yang bermanfaat dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Ucapan rasa terima kasih juga kami ucapkan kepada teman-teman mahasiswa yang telah memberikan kontribusinya sehingga karya ilmiah ini bisa selesai pada waktu yang telah ditentukan.

Meskipun kami sudah mengumpulkan banyak referensi untuk menunjang penyusunan karya ilmiah ini, namun karya ilmiah ini masih terdapat banyak kesalahan serta kekurangan. Kami mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca demi tersusunnya karya ilmiah lain yang lebih lagi. Akhir kata, kami berharap agar karya ilmiah ini bisa memberikan banyak manfaat demi terciptanya lingkungan yang aman dan bebas dari ancaman erosi.

Ngawi, 16 November 2018

Penyusun

Kata pengantar laporan PKL

Siswa yang sekolah di SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan lah yang akan merasakan kegiatan PKL atau Praktik Kerja Lapangan ini. Kegiatan ini dilakukan saat kelas 8. Biasanya berlangsung dalam hitungan bulan, yakni 3 bulan paling lama.

Tempat dari PKL ini adalah perusahaan-perusahaan. Berbeda jurusan maka akan beda tempatnya. Seperti SMK jurusan kendaraan bermotor, maka tempatnya adalah dealer atau bengkel. Dalam melaksanakan PKL ini, kamu harus membuat laporan. Berikut adalah contoh kata pengantar laporan PKL.

Kata Pengantar

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan nikmat, taufik serta hidayah-Nya yang sangat besar sehingga saya pada akhirnya bisa menyelesaikan laporan “Praktik Kerja Lapangan Teknik Kendaraan Roda Dua di Dealer Yamaha Nganjuk” tepat pada waktunya.

Rasa terima kasih juga kami ucapkan kepada Bapak Drs. Endra Guna sebagai Guru Pembimbing yang selalu memberikan dukungan serta bimbingannya sehingga Laporan PKL ini dapat disusun dengan baik.

Semoga Laporan PKL yang telah kami susun ini turut memperkaya khazanah ilmu serta bisa menambah pengetahuan dan pengalaman para pembaca.

Selayaknya kalimat yang menyatakan bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna. Kami juga menyadari bahwa Laporan PKL ini juga masih memiliki banyak kekurangan. Maka dari itu kami mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca sekalian demi penyusunan Laporan PKL dengan tema serupa yang lebih baik lagi.

Nganjuk, 25 November 2018

Penyusun

Kata pengantar singkat

Sesuai dengan anjuran sebelumnya, bahwa kata pengantar hendaknya dibuat singkat saja. Kamu harus tahu alasannya, yakni untuk memberikan gambaran yang tepat sasaran kepada pembaca sebelum membaca karya tulis kamu. Singkatnya kata pengantar tidak harus mengurangi hal-hal yang penting.

Berikut adalah salah satu contoh kata pengantar singkat yang bisa kamu pakai. Struktur kata pengantar masih tetap lengkap. Ada pembuka, isi, dan penutup.

Kata Pengantar

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah “Ilegal Logging” ini bisa selesai pada waktunya.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada teman-teman yang telah berkontribusi dengan memberikan ide-idenya sehingga makalah ini bisa disusun dengan baik dan rapi.

Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan para pembaca. Namun terlepas dari itu, kami memahami bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga kami sangat mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.

Kata pengantar buku

Inilah yang menjadi kelas tertinggi dari kata pengantar, yakni kata pengantar buku. Di dalam buku inilah cikal bakal penggunaan kata pengantar di jenis karya tulis yang lainnya. Strukturnya pun sama dengan struktur kata pengantar yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Namun untuk bentuk kata pengantar buku ini bisa dikatakan sebagai bentuk kata pengantar asli. Pemilihan kata untuk kata pengantar pun sangat baku karena memang untuk dipublikasikan. Buku dijadikan referensi, jadi penyusunan kata pengantar sangatlah diperhatikan dan melalui banyak editing dan perbaikan demi kesempurnaan.

KATA PENGANTAR

Kurikulum 2013 sebagai kurikulum terbaru di Indonesia kini sudah merata pengunaannya. Kurikulum ini dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut.

Pada jenjang SD/MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema yang disebut temarik. Pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Implementasi terbatas pada tahun ajaran 2013/2014 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014/2015 dan seterusnya. Buku ini merupakan edisi kedua sebagai penyempurna dari edisi pertama.

Buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan dimasa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.

Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Jakarta, 12 November 2018

Penulis

Kata pengantar tugas akhir

Tugas akhir bisa diartikan sebagai skripsi tetapi juga tetap sebagai Tugas Akhir atau disingkat TA. Bentuk karya tulis ini juga membutuhkan kata pengantar. Bentuk kata pengantarnya pun juga masih terdiri dari 3 bagian, yakni pembuka, isi, dan penutup.

Tujuan dari kepenulisan Tugas Akhir ini pun juga harus diikuti sertakan. Ini adalah demi memberikan penjelasan kepada para pembaca tentang bentuk Tugas Akhir ini. Gambaran yang jelas akan membantu pembaca memahaminya.

Contoh kata pengantar Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena Rahmat dan KaruniaNya-lah Penulis dapat menyelesaikan penulisan tugas akhir ini tepat pada waktunya dengan judul “ Pengaruh Pilihan KB terhadap Laju Kelahiran di Jombang oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jombang Tahun 2015 – 2018 “

Tugas akhir ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk menyelesaikan Program Diploma IV atau Strata 1 Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya Malang.

Selama mengikuti pendidikan Strata 1 Teknik Sipil sampai dengan proses penyelesaian Tugas Akhir, berbagai pihak telah membantu dan membimbing penulis. Rasa terima kasih saya haturkan kepada:

1. Bapak Drs. Suryadarminta selaku arektor Universitas Brawijaya Malang yang telah banyak memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pendidikan.

2. Bapak Drs. Paddery, SE selaku dosen pembimbing I yang telah banyak meluangkan waktu dan tenaga untuk membimbing penulis selama penyusunan tugas akhir ini.

3. Bapak H. Feri, SE selaku dosen pembimbing II yang telah banyak memberikan bimbingan sehingga Tugas Akhir ini dapat terselesaikan

4. Bapak / Ibu Dosen khususnya Jurusan Teknik Sipil di Universitas Brawijaya Malang yang telah membekali penulis dengan beberapa disiplin ilmu yang berguna

5. Teman –teman seperjuangan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil di Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2017, yang telah banyak berdiskusi dan bekerjasama dengan penulis selama masa pendidikan

Penulis menyadari, Tugas Akhir ini masih banyak kelemahan dan kekurangan nya. Karena itu kritik dan saran yang membangun akan diterima dengan senang ahti, mudah – mudahan keberadaan Tugas Akhir ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita, khususnya tentangPengaruh Pilihan KB terhadap Laju Kelahiran di Jombang oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jombang Tahun 2015 – 2018.

Malang, 30 November 2018

Penulis

Letakkan kata pengantar di bagian awal karya tulismu. Kata pengantar dibuat cukup satu halaman saja, namun ada juga yang lebih. Seperti pada contoh kata pengantar skripsi yang dibuat lebih dari satu halaman, karena banyaknya orang yang disebut di bagian pembuka sebgaia ucapan terima kasih atas dukungannya.

Baca juga referensi contoh surat lamaran kerja beserta tips jitu agar diterima

Halaman kata pengantar berada setelah halaman cover atau halaman judul. Kalau ada surat pengesahannya, maka setelah cover adalah halaman pengesahan, lalu di halaman berikutnya barulah kamu meletakkan kata pengantarmu. Contoh kata pengantar di atas bisa jadi referensi terbaikmu buat kata pengantar sesuai yang kamu butuhkan.

Sebuah kata pengantar yang baik dan benar adalah kata pengantar yang mewakuli isi karya tulismu. Pembuatan contoh kata pengantar yang sesuai dengan kebutuhan dan dibuat tidak berlebihan adalah kata pengantar yang akan mendukung karya tulismu. Kata pengantar bukan hiasan, tetapi prioritas yang harus bisa dibuat usai karya tulis selesai.

Leave a Comment