a13 Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Sopan & Alasan yang Tepat

Inget nggak kata-kata ini, “Bosan jadi Pegawai”. Kalau udah bosan terus solusinya kamu bakalan resign. Mengundurkan diri karena berbagai alasan. Bosan hanya pemanis aja. Di sini kamu bakalan nemuin banyak contoh surat pengunduran diri dengan berbagai keperluan dan juga alasan.

Beberapa alasan mengundurkan diri adalah karena akan menikah, dilarang kerja oleh suami, sakit, tahu akan ada PHK, dapat pekerjaan lain, pindah ke luar kota, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi surat pengunduran diri ini sebenarnya bukan hanya untuk karyawan yang pengen berhenti kerja aja, tapi juga untuk kamu yang mau keluar dari organisasi yang kamu ikuti.

Pada praktiknya, saat mau mengajukan pengunduran diri, kamu kesulitan bikin suratnya. Maksudnya sih paham apa aja isi dari surat pengunduran diri, tapi mau memulai nulis masih ragu. Takut salah dan takut yang lainnya, soalnya serba nggak enak sama atasan karena mau berhenti kerja.

Tapi di sini banyak contoh surat pengunduran diri yang bakalan bantu kamu bikin surat yang berkualitas. Nggak panjang lebar tapi isinya mengena sesuai dengan tujuan. Yuk simak.

Apa itu surat pengunduran diri?

contoh surat pengunduran diri kerja yang benar

Buat mulai memahami tentang penulisan surat pengunduran diri, kamu perlu paham dulu apa sih surat pengunduran diri itu. Apa surat ini sama kayak surat pernyataan atau surat lamaran kerja formatnya. Apa beda lagi. Itu yang harus kamu pahami.

Kamu bisa memahami surat pengunduran diri dari paparan contoh-contoh surat pengunduran diri. Di mana surat pengunduran diri ini adalah surat yang sengaja dibuat oleh seseorang, secara individu yang sedang terikat pekerjaan atau organisasi tertentu, untuk mewakili keinginannya keluar atau berhenti dari jabatan atau pekerjaan yang sedang diampunya. Surat ini di buat sederhana dan akan mewakili maksud kamu untuk mengundurkan diri.

Inti dari surat pengunduran diri ini adalah menuliskan alasan kamu di dalam badan surat. Namun kamu harus paham juga mana alasan yang pantas ditulis dan mana yang tidak pantas ditulis. Seperti misalnya mengundurkan diri karena lingkungan kerja yang tidak nyaman. Jangan sampai menunjuk teman kerja atau hal yang membuat tidak nyaman. Ini akan merugikan image kamu sendiri.

Format Surat Pengunduran Diri Kerja

format surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri bisa dikatakan sebagai cermin kepribadian kamu. Usahakan menulisnya dengan baik dan benar. Penggunaan kata atau pemilihan kata atau diksi harus kamu perhatikan. Sisi kesopanan harus kamu junjung tinggi.

Untuk itulah ada format yang mengikat pembuatan surat pengunduran diri ini. Tidak rumit atau simpel, tujuannya adalah untuk membuat surat sederhana ini tersampaikan maksudnya. Berikut adalah urutan format contoh surat pengunduran diri:

Waktu

Penulisannya bisa di pojok kanan atas atau pojok kiri atas. Waktu ini terdiri dari tempat, tanggal, bulan, dan tahun.

Tujuan surat

Kepada siapa surat ditujukan, apakah kepada pemimpin, ketua, kepala sekolah, atau direktur utama. Penulisannya bisa di bawah waktu. Namun kebanyakan penulisan ada di sebelah kiri.

Isi surat

Inilah format utama dari surat pengunduran diri. Kamu bisa menggunakan bentuk listing pada penyebutan identitas kamu. Namun juga bisa langsung masuk ke paragraf. Dibuat sesuai dengan kebutuhan saja. Isi surat pengunduran diri ada 3, yaitu:

  • Pembuka. Selalu awali dengan frase “ Dengan hormat” pada umumnya. Namun tidak juga tidak masalah. Isi dari paragraf pembuka ini adalah identitas kamu yang akan mengundurkan diri.
  • Isi. Berisi alasan pengunduran diri.
  • Penutup berisi ucapan permintaan maaf, doa, dan terimakasih.
  • Tanda tangan dan nama terang yang bermaterai.

Semua format tersebut harus lengkap dan termaktub dalam surat pengunduran diri. Nggak perlu panjang-panjang, penting efektif.

Tujuan Surat Pengunduran Diri

tujuan surat pengunduran diri

Dalam proses penulisan surat pengunduran diri, kamu harus selalu ingat akan tujuan kamu membuatnya. Ini akan membimbing kamu untuk menghasilkan surat pengunduran diri yang efektif. Apalagi kalau kamu sudah menguasai berbagai jenis contoh surat pengunduran diri.

Perlu kamu ketahui, kalau tujuan pembuatan surat pengunduran diri itu bukan hanya untuk berhenti kerja saja. Banyak tujuan yang lainnya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Menunjukkan sikap keprofesionalan kamu dalam bekerja. Ini dikarenakan dalam prosedur dunia kerja, kalau mau mengundurkan diri harus menggunakan surat pengunduran diri. Kamu tidak boleh asal keluar dari pekerjaan begitu saja.
  2. Sebagai warning untuk perusahaan agar segera mencari pengganti kamu di posisi jabatan yang kamu tinggalkan. Kalau kamu keluar begitu saja, perusahaan akan kebingungan dan kalangan kabut karena harus mencari karyawan baru secara mendadak.
  3. Menunjukkan kalau kamu bertanggung jawab atas pekerjaan kamu. Kamu mengajukan surat pengunduran diri ini membuat kamu harus siap mengajari karyawan baru pengganti. Jangan sampai membuat perusahaan rugi.
  4. Penentuan statusmu dalam bekerja. Apakah masih menjadi karyawan atau sudah tidak. Dengan diterimanya surat pengunduran dirimu, maka kamu sudah sah keluar dari perusahaan tempat kamu bekerja.

Masih banyak tujuan lain dari surat pengunduran diri ini. Sebagai intinya adalah bahwa surat pengunduran diri ini adalah sebagai alat bagimu mengungkapkan keinginan untuk keluar dari pekerjaan. Sebuah tanda resmi dari ketentuan atau peraturan di dunia kerja yang wajib kamu taati.

Surat Pengunduran Diri dari pekerjaan

surat pengunduran diri pekerjaan

Pekerjaan apa saja harus menggunakan surat pengunduran diri saat kamu akan keluar. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri yang bisa kamu pelajari. Sertakan alasanmu mengapa harus resign.

Di mana keputusan untuk bekerja adalah keputusan yang penting. Susahnya mencari kerja akan sangat membebani. Maka dari itulah saat kamu sudah memiliki keputusan untuk resign, berarti kamu telah menentukan keputusan penting di hidupmu.

Contoh:

Surabaya, 15 November 2018

Kepada

Yth. Pimpinan PT Indo Sejahtera
Surabaya

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Irfan Helmy
Alamat: Jl. Pahlawan, No. 3, Surabaya
Jabatan: HRD

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan serta jabatan yang sedang saya pegang yang terhitung sejak tanggal 20 Februari 2018.

Ucapan terima kasih saya haturkan kepada perusahaan yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar serta bekerja dengan professional. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan lantaran telah membimbing saya dan memberikan saya pekerjaan yang terbaik.

Saya juga memohon maaf atas keputuan pengunduran diri ini. Mulai hari ini saya tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Bapak. Saya hanya mampu berharap serta berdoa agar perusahan yang Bapak pimpin menjadi semakin berkembang dan maju.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya

Irfan Helmy

Surat Pengunduran Diri Perusahaan

Pengunduran Diri Perusahaan

Bekerja di perusahaan bukan hal yang mudah. Dibutuhkan ketelatenan, karena dunia administrasi yang rumit akan menjadi makanan sehari-hari. Berangkat pagi pulang sore dengan aktivitas di dalam ruangan terkadang menjadi alasan bagimu untuk resign.

Contoh surat pengunduran diri ini yang paling banyak dicari. Kamu nggak perlu takut mengawali penulisan surat pengunduran diri. Contoh ini simple dan sesuai dengan tujuanmu.

Contoh:

Bogor, 20 November 2018

Yth. Angga Budi Prasetya, M.E
Direktur PT. Angkasa Jaya
Bogor

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Adi Roma bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Angkasa Jaya sebagai Operator Komputer, terhitung sejak tanggal 20 November 2018

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Angkasa Jaya. Saya juga memohon maaf kepada pemimpin, seluruh karyawan dan manajemen PT. Angkasa Jaya apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Angkasa Jaya dapat terus berkembang, sukses, dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,
Materai
Adi Roma

Surat Pengunduran Diri Karyawan

Pengunduran Diri karyawan

Ini ni yang jadi trend. “Bosan jadi karyawan” udah banyak yang mengalami. Kebanyakan banting setir jadi pengusaha.

Kalau gitu alasan kamu bisa berupa bosan dengan pekerjaan atau ingin mencari pekerjaan di bidang lain. Bisa juga dengan menyatakan ingin mengembangkan bakat di bidang pekerjaan lainnya. Simple dan dijamin kena banget tujuan suratnya.

Berikut ada 2 contoh contoh surat pengunduran diri sebagai karyawan. Kamu bisa pilih sesuai dengan pekerjaanmu.

  • Pabrik

Jakarta, 30 November 2018

Kepada Yth:
Bapak Hadi Suwaji
Direktur PT MAJU ABADI
Jl. Trenggono Jakarta Utara

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan, saya, Agus Irawan, dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di Pabrik yang Bapak pimpin efektif tertanggal 1 Desember 2018. Di mana alasan saya adalah bahwa saya telah diterima bekerja di pabrik lain, sehingga saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya di Pabrik yang Bapak pimpin.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di Pabrik yang Bapak pimpin. Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat. Semoga PT. MAJU ABADI selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Agus Irawan

  • Kontrak

Bekasi, 15 Desember 2018

Yth. Anggara, M.H
Direktur PT. Terbang Tinggi
Bekasi

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Romero bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Terbang Tinggi sebagai Kepala Keuangan, terhitung sejak tanggal 21 Desember 2018.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Terbang Tinggi. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Terbang Tinggi apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Terbang Tinggi dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

Romero

Surat Pengunduran Diri organisasi

Contoh Surat Pengunduran Diri organisasi

Kegiatan berorganisasi selalu identik dengan anak muda. Lingkungan sekolah atau lingkungan belajar menjadi tempat yang paling strategis untuk berorganisasi. Kamu pun bebas memilih organisasi mana yang akan kamu ikuti, seperti OSIS, pramuka, bela diri, olahraga, atau yang lainnya.

Tapi saat kamu udah jenuh berorganisasi dengan jabatan yang kamu ampuh, kamu bisa loo pakai contoh surat pengunduran diri ini. Kamu bisa bikin suratnya dengan tujuan surat ke ketua organisasi.

Contoh:

Kepada

Yth. Ketua Himpunan Siswa Penulis
SMA N 3 Malang
di Tempat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Rara Wijayanti
Jabatan: Sekretaris I

mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Himpunan Siswa Penulis SMA N 3 Malang, karena permintaan orangtua. Berkenaan dengan kegiatan Himpunan Siswa Penulis SMA N 3 Malang yang padat. Selain itu saya pun ingin fokus mempersiapkan UAN.

Selama setahun memegang tanggung jawab di organisasi Himpunan Siswa Penulis sebagai sekretaris I, saya saya mendapatkan banyak pengalaman. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina Himpunan Siswa Penulis SMA N 3 dan Malang. Mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku saya yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi.

Besar harapan saya bahwa anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rara Wijayanti

Surat Pengunduran Diri Guru

Pengunduran Diri Guru

Padahal banyak orang yang pengen jadi guru. Tapi banyak juga yang mengundurkan diri karena tidak telaten, kurang sejahtera, tidak segera naik pangkat, atau yang lainnya. Kebanyakan yang mengundurkan diri adalah guru-guru yang statusnya masih swasta.

Kalau kamu mau bikin surat pengunduran diri dari jabatan guru, kamu bisa pakai contoh surat pengunduran diri di bawah ini yang baik dan benar. Tujuan surat pengunduran dirimu itu ke kepala sekolah. Pakai bahasa yang resmi dan diksi yang pas untuk mencerminkan pekerjaanmu yang memang pekerjaan dinas atau resmi.

Contoh:

Lamongan, 20 Juni 2018

Kepada Yth.
Kepala SMK N Perwira 4
Lamongan
Di tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini atas nama Siti Handayani. Bermaksud mengajukan surat permohonan diri dari SMK N Perwira 4 Lamongan dengan alasan bahwa saya membutuhkan istirahat yang cukup lama. Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak SMK N Perwira 4 Lamongan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengajar dan mencari pengalaman di sini selama kurang lebih 5 tahun. Tak lupa saya ucapkan permohonan maaf apabila selama bekerja di sini saya melakukan banyak kesalahan, baik yang saya sengaja atau tidak sengaja.

Harapan saya ke depan, semoga SMK N 4 Pertiwi akan semakin maju dan banyak diminati.

Hormat Saya,
Materai
Siti Handayani

Surat Pengunduran Diri Resmi

Semua surat pengunduran diri itu sifatnya resmi. Tetapi pada praktiknya, sifat resminya memiliki tingkatan. Kalau kamu hanya bekerja di toko atau perusahan kecil saja, kamu tidak perlu membuat surat yang terlalu resmi.

Contoh surat pengunduran diri resmi ini bisa kamu lihat dari formatnya. Jelas nama, jabatan, tahun bekerja, dan lain-lain bisa kamu sertakan. Salah satu contohnya adalah surat pengunduran diri dari guru atau perusahaan besar. Sifatnya harus benar-benar resmi. Penggunaan materai menjadi simbolnya.

Contoh:

Makassar, 18 Desember 2018

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11
Makassar

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Sejahtera, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Dimas Andrean
Departemen: Pemasaran dan Informasi
Jabatan: Sales
No. Karyawan: B234 8907

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sejahtera karena urusan ingin fokus membangun bisnis sendiri. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran. Atas dukungan dan bantuan yang Bapak berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
materai
Dimas Andrean

Surat Pengunduran Diri Kuliah

Surat pengunduran diri bukan hanya untuk yang bekerja dan untuk organisasi saja, melainkan juga bisa dipakai untuk mengundurkan diri dari kuliah. Sama seperti proses belajar di sekolah, kamu harus menempuh 4 tahun kuliah.

Namun di tengah perjalanan, kamu bisa saja berubah pikiran dan mengajukan surat pengunduran diri. Alasannya bisa berupa: ingin pindah universitas, pindah tempat ke luar kota, pindah jurusan, atau yang lainnya. Sertakan lampiran-lampiran bebas administrasi juga untuk menyatakan surat pengunduran diri kamu.

Contoh:

Jakarta, 10 Desember 2018

Hal: Permohonan Pengunduran Diri

Kepada
Yth. Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama: George Hana
N I M: 2017040608
Program Studi: Ekonomi
Jurusan: Manajemen
Alamat: Jl. Kemang Pradana 7 Rt 06/03 No 112, 11345. Jakarta Selatan
Mulai bulan: September Tahun 2017

Dengan hormat saya mengajukan permohonan pengunduran diri dari status mahasiswa:

Program Studi: Ekonomi
Jurusan: Manajemen
Dengan alasan: akan pindah ke sekolah lain karena mengikuti orangtua pindah ke luar kota

Sehubungan dengan hal ini, saya memohon untuk dapat diberikan surat keterangan beserta capaian hasil studi saya.

Bersama ini saya lampirkan:

Foto copy transkrip nilai
Surat Keterangan bebas pinjaman buku dari Perpustakaan Fakultas dan Universitas
Surat Keterangan bebas Administrasi Fakultas

Atas perhatian dan perkenan Bapak Ketua STIE Jaksel, saya ucapkan banyak terima kasih.

Pemohon,

Materai

(George Hana)
NIM.: 2017040608

Surat Pengunduran Diri dari sekolah

Pengunduran Diri kuliah

Contoh surat pengunduran diri dari sekolah ini pun juga sama dengan contoh surat pengunduran diri. Perbedaannya adalah tujuan surat. Di surat pengunduran diri dari sekolah ini pun kamu juga diharuskan mencantumkan alasan mengapa mengundurkan diri.

Jenis surat pengunduran diri bisa berupa surat pengunduran diri dari guru atau pekerjaan yang lainnya di sekolah. Kamu harus membuat surat pengunduran diri sesuai dengan prosedur. Seperti contoh berikut yang mengundurkan diri dari posisi staff perpustakaan.

Contoh:

Kepada
Yth.
Bapak Kepala SMP Bina Bangsa Jakarta Timur
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Dengan datangnya surat ini, saya:

Nama: Endah Sari
Jabatan: Staff Perpustakaan

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Staff Perpustakaan.

Terhitung tanggal 13 Desember 2017 pengunduran ini saya ajukan.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk bekerja di SMP Bina Bangsa.

Saya sampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh staf pengajar serta pengurus SMP Bina Bangsa apabila selama bekerja saya melakukan banyak kesalahan.

Hormat saya,

Endah Sari

Surat Pengunduran Diri bahasa inggris

Hanya beda bahasa saja sebenarnya jika kita melihat dari contoh surat pengunduran diri. Isinya pun lebih simple dengan menggunakan diksi yang mudah dipahami. To the point harus jadi prinsip kamu dalam menyusun surat pengunduran diri berbahasa Inggris ini.

Secara format pun juga sama. Diawali dengan waktu, alamat surat, pembuka, isi, penutup, dan tanda tangan. Nggak perlu dua lembar juga. Cukup satu lembar dan utarakan maksud pengunduran dirimu.

Contoh:

Jakarta, November 25rd, 2018

For:
Mr. Septian Cahya
Managing Director
Muda Management
Jl. Z.A Pagaralam
Jakarta

Dear Sir,

Through this letter, I inform you that I want to resign from your company starting from November 30th, 2018

I feel that now is the right time for me to develop my career in other field. I would be grateful if you confirm the acceptance of my resignation. If there is something I have to finish before I go, please let me know.

I also express my gratitude to the company Muda Management for the support and the opportunity that have been given while I work here. I wish you and the entire team of Muda Management are always success and the best for consumers.

Thank you for your attention and wisdom.

Best Regards

Ahmad Tarhady

Artinya:

Jakarta, 25 November 2018

Kepada:
Mr. Septian Cahya
Direktur Manajemen
Muda Management
Jl. Z.A Pagaralam
Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya sampaikan bahwa saya mengajukan pengunduran diri dari perusahaan bapak terhitung mulai dari tanggal 30 November 2018.

Saya merasa bahwa sudah saatnya saya untuk mengembangkan karir saya di bidang lain. Saya akan sangat berterima kasih jika Bapak bisa mengkonfirmasi surat pengunduran diri saya ini. Jika ada sesuatu yang harus saya selesaikan sebelum saya pergi, tolong diinformasikan.

Saya juga menyampaikan rasa terima kasih saya kepada perusahaan Muda Management atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama bekerja di sini. Saya berharap bapak dan seluruh team Muda Management selalu sukses dan terus menjadi yang terbaik bagi konsumen.

Terima kasih atas perhatian dan kebijaksanaannya.

Hormat Saya
Materai
Ahmad Tarhady

Surat Pengunduran Diri direktur PT

Untuk memperoleh jabatan sebagai direktur bukan hal yang mudah. Apalagi di PT ada sistem kontrak yang harus kamu lalui. Seleksinya pun ketat.

Saat sudah menjabat posisi tersebut dan karena alasan tertentu kamu harus mengundurkan diri, maka contoh surat pengunduran diri ini bisa kamu pakai. Tuliskan jabatan dengan jelas di dalam surat dan langsung tujuan kepada pimpinan PT atau direktur utama.

Contoh:

Jakarta, 18 Desember 2018

Kepada Yth:
Bapak Rudi Hendrayana
Direktur Utama
PT Diana Sentosa
Jl. Kawal 34 Jakarta
Di
Tempat

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya:

Nama: Bagus Wijayanto
Jabatan: Direktur PT

menyampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Bapa pimpin secara efektif tertanggal 20 Desember 2018, dikarenakan saya akan pindah ke luar kota.

Banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang saya dapatkan selama bekerja di perusahaan Bapak. Ucapan terima kasih tak ada hentinya terucap atas kesempatan yang banyak berikan kepada saya.

Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat. Harapan dan do’a semoga juga PT. Diana Sentosa selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Agus Wijayanto

Berbagai contoh surat pengunduran diri tersebut bisa jadi referensi bagus buatmu. Nggak perlu ragu lagi kalau mau ngundurin diri dari tempat kamu kerja. Udah ada aturan bikin surat pengunduran diri.

Formatnya simple dan kamu bisa pilih surat pengunduran diri sebagai guru, karyawan, direktur PT, atau yang lainnya. Bedanya cuma pada bagian ini, yakni berdasarkan pada alasan kamu mengundurkan diri.

Namun untuk contoh surat pengunduran diri resmi, ada tambahan materai di bagian tanda tangan. Kamu bisa menggunakan contoh ini kalau kamu mengundurkan diri dari kontrak kerja. Selain itu juga bisa untuk mengundurkan diri dari pegawai atau guru.

Leave a Reply